3 Cara Mengatur Rutinitas Anak Selama Liburan
By: Date: 4 Januari 2020 Categories: Tak Berkategori

loading…

JAKARTA – Jika anak-anak Anda sedang liburan dan Anda bosan mendengar pertengkaran dan kebosanan yang terus-menerus, tentu ini bisa menjadi masalah.

Mungkin anak-anak Anda merasa sangat senang tinggal di tempat tidur sampai larut malam dan tidak memiliki pekerjaan sekolah setiap hari, tetapi Anda tetap harus menjaga mereka pada jadwal yang sehat, termasuk membangkitkan belajar untuk musim mendatang.

Lalu, bagaimana mengatasi hal tersebut? Seperti dilansir Times of India, ada beberapa cara mengatasinya.

Baca Juga:

1. Buat mereka tidur tepat waktu
Ini adalah fakta, jika hari berikutnya adalah hari libur, anak-anak akan tidur larut malam, tetapi seharusnya tidak demikian. Telah terbukti bahwa anak-anak yang memiliki jadwal tidur yang teratur, maka mereka tidak merengek dan tidak bertengkar, termasuk soal waktu tidur.

Juga, jangan biarkan anak-anak terlalu banyak tidur selama liburan. Bangun pada saat yang sama dan tidur pada waktu yang sama adalah kebiasaan yang sehat. Ini tidak hanya untuk anak-anak, tetapi untuk seluruh keluarga. Bahkan, tidur akan menjadi kebiasaan, seperti lapar jika Anda tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.

2. Pertahankan kebiasaan makan yang sehat
Liburan untuk anak-anak berarti sering makan permen, cola, dan pizza. Hal ini terjadi karena rutinitas yang tidak teratur meningkatkan konsumsi makanan yang disebabkan oleh rasa lapar. Waktu makan yang teratur adalah cara terbaik untuk memperkenalkan kebiasaan makan yang baik dan sehat.

Pastikan untuk mematikan TV selama waktu makan sehingga anak Anda tidak makan berlebihan. Waktu makan teratur membatasi makanan cepat saji. Selain itu, jangan menggunakan makanan sebagai hadiah dan membuat anak-anak Anda memakan permen hanya ketika mereka kenyang.

3. Batasi waktu nonton
Anak-anak menonton kartun dan film tanpa batas sepanjang hari selama liburan musim dingin. Dan orang tua juga bersalah karena membiarkan mereka melakukannya dengan cara mereka sendiri sehingga itu bisa menjadi masalah. Mungkin sulit bagi Anda, tetapi Anda harus meluangkan waktu untuk anak-anak Anda sehingga mereka tidak menonton TV sepanjang hari.

Bahkan selama liburan, batasi waktu layar tidak lebih dari dua jam sehari. Menyiapkan kontrol orangtua di TV, laptop dan iPad dapat membantu mengurangi waktu yang dihabiskan anak Anda untuk menatap layar.

(tdy)

Let’s block ads! (Why?)