4 Astronaut Sukses Pulang ke Bumi Nebeng Kapsul SpaceX – detikInet
By: Date: 18 Oktober 2022 Categories: Sains

Jakarta

Empat astronaut sukses kembali ke Bumi dengan kapsul SpaceX Dragon Crew. Mereka mendarat di Bumi setelah menyelesaikan misi hampir enam bulan di International Space Station (ISS).

Kapsul ini meninggalkan ISS dan diterjunkan ke laut, tak jauh dari Jacksonville, Florida, pada 15 Oktober 2022 kemarin. Pesawat itu membawa tiga orang berkebangsaan Amerika, astronaut NASA Kjell Lindgren, Bob Hines dan Jessica Watkins – wanita kulit hitam pertama yang menyelesaikan penerbangan luar angkasa jangka panjang – dan satu orang Italia, Samantha Cristoforetti dari Badan Antariksa Eropa.

Perjalanan mereka untuk kembali dari orbit cukup sulit, mengingat mereka harus menerobos melalui atmosfer Bumi. Perjalanan mereka menghasilkan panas gesekan yang menaikkan suhu di luar kapsul menjadi 1.930 derajat Celcius.


Empat astronaut sukses kembali ke Bumi dengan kapsul SpaceX Dragon Crew. Mereka mendarat di Bumi setelah menyelesaikan misi enam bulan di ISS.Empat astronaut sukses kembali ke Bumi dengan kapsul SpaceX Dragon Crew. Mereka mendarat di Bumi setelah menyelesaikan misi enam bulan di ISS. Foto: Bill Ingall/NASA/dpa/picture alliance

Dalam waktu kurang dari satu jam, tim pemulihan berhasil mengangkat Crew Dragon yang terbakar ke kapal pengambilan. Kemudian, mereka membuka palka samping kapsul dan membantu keempat astronaut keluar. Setiap astronaut yang kembali ke Bumi ini lalu dijadwalkan menjalani evaluasi medis rutin di atas kapal sebelum diterbangkan kembali ke Florida dengan helikopter.

Sebelumnya diketahui, para astronaut yang dijuluki ‘Crew-4’ ini merupakan kru astronaut penuh waktu keempat yang dibawa ke ISS oleh SpaceX sejak perusahaan roket swasta yang didirikan Elon Musk tersebut mulai menerbangkan personel NASA sejak Mei 2020. Seperti kebanyakan kru ISS, peran utama mereka adalah berbasis sains dan mencakup banyak eksperimen.

Seminggu sebelum Crew-4 keluar, tim pengganti mereka Crew-5 telah tiba di stasiun ISS. Mereka adalah seorang kosmonaut Rusia, astronaut Jepang, dan dua anggota awak NASA. Crew-5 tetap berada di ISS bersama dua orang Rusia lainnya dan satu orang Amerika yang ke ISS pada bulan September lalu. Demikian melansir DW, Selasa (18/10/2022).

Simak Video “Momen 4 Astronaut SpaceX Sukses Mendarat di Bumi
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)