4 Cara Mengobati Nyeri Lutut Pada Lansia: Lakukan Sebelum Harus Operasi
By: Date: 19 Juni 2023 Categories: Lutut,operasi

Suara.com – Nyeri lutut jadi keluhan umum yang dialami lanjut usia atau lansia. Pertanyaanya, gimana ya cara mengobati nyeri lutut pada lansia?

Konsultan Lutut dan Panggul Eka Hospital BSD, dr. Jamot Silitonga Sp.OT (K) sebagian besar kasus nyeri lutut pada lansia disebabkan masalah tulang yakni penyakit sendi degeneratif atau osteoarthritis.

“Kondisi ini menyebabkan bantalan pelindung tulang rawan mengalami kerusakan seiring berjalannya waktu sehingga menyebabkan peradangan pada area sendi, terutama pada lansia yang sudah berumur,” ujar dr. Jamot melalui keterangan yang diterima suara.com, Senin (19/6/2023). 

Ilustrasi sakit lutut. (Pexels)
Ilustrasi sakit lutut. (Pexels)

dr. Jamot menambahkan latihan fisik seperti olahraga ampuh untuk mengurangi nyeri akibat osteoarthritis. Berikut ini olahraga sebagai cara mengobati nyeri lutut lansia:

Baca Juga: Rela Tinggalkan Pekerjaan, Barbie Kumalasari Temani Doddy Sudrajat Operasi Kantung Mata

1. Berjalan

Berjalan sangat bermanfaat untuk melatih kekuatan otot dan tulang. Umumnya jumlah yang disarankan 6.000 hingga 8.000 langkah per hari, tetapi untuk lansia dengan kondisi tertentu, dapat mengambil jumlah target langkah yang lebih kecil sesuai rekomendasi dokter.

2. Berenang

Berkat daya apung di dalam air bisa mengurangi tekanan pada persendian. Apalagi air merangsang ketahanan alami, yang membantu menopang beban dalam latihan meningkatkan kekuatan, kelenturan, dan keseimbangan dengan tekanan minimal pada tubuh.

3. Senam

Baca Juga: Penampilan Jennifer Dunn usai Operasi Potong Lambung Jadi Sorotan: Cantiknya Gak Luntur!

Tanpa membutuhkan alat maupun persiapan yang rumit, senam bisa digunakan untuk menangkal efek atrofi otot pada orang dewasa yang lebih tua serta meningkatkan kepadatan tulang. Sehingga ampuh nantinya sendi lebih punya daya tahan yang lebih baik.

4. Yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga untuk meningkatkan kekuatan otot, mobilitas, keseimbangan, dan fleksibilitas, yang semuanya merupakan aspek kesehatan penting bagi  lansia.

Untuk lansia dengan kondisi cukup lemah mungkin butuh melakukan yoga di kursi, tapi tetap dengan panduan dan teknik yang tepat ya.

“Idealnya, berolahraga untuk lansia bisa dilakukan setidaknya 150 menit seminggu (misalnya, 30 menit sehari, 5 hari seminggu) dengan aktivitas intensitas sedang,” jelas dr. Jamot.

Namun sebelum jauh memikirkan bagaimana cara mengobati nyeri lutut, dr. Jamot menyarankan tindakan pencegahan yang bisa dilakukan sebelum masalah kesehatan ini menyerang.

Tindakan pencegahan nyeri lutut bisa dengan menjaga berat badan, rutin berolahraga, penuhi asupan nutrisi harian, mengurangi minuman bersoda. Bisa juga dengan hindari makanan olahan dan berhenti merokok.

Tapi jika nyeri sudah sangat parah alias sendi sudah rusak, maka dokter lakukan operasi mengganti sendi yang rusak dengan total knee arthroplasty atau operasi penggantian sendi lutut.

“Prosedur tersebut dilakukan untuk mengganti total bagian tulang atau persendian lutut yang sudah rusak dengan sendi baru buatan yakni prostesis, untuk meredakan rasa sakit dan memudahkan penderitanya untuk bisa kembali berjalan dengan normal,” tutup dr. Jamot.

https://www.suara.com/health/2023/06/19/123000/4-cara-mengobati-nyeri-lutut-pada-lansia-lakukan-sebelum-harus-operasi