4 Manfaat Minyak Tawon, yang Pernah Gibran Sebut sebagai Skincare Selvi Ananda
By: Date: 15 Desember 2023 Categories: manfaat minyak tawon,minyak tawon,skincare

Suara.com – Cawpres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, pernah berkelakar soal skincare yang dipakai istrinya, Selvi Ananda. Kala itu ia menyebut bahwa sang istri menggunakan minyak tawon.

Seperti yang diketahui, Selvi Ananda kerap mendapatkan pujian dari publik karena wajah cantik dan mulusnya.

Namun saat dikonfirmasi soal pernyataan suaminya, Selvi tampak kaget. Selvi lantas menyebut kalau minyak tawon panas jika dioleskan ke kulit.

“Minyak Tawon itu panas dong,” ujar Selvi seraya tertawa, dikutip dari tayangan YouTube Berita Surakarta pada Desember 2022 lalu.

Menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu lantas menjelaskan bahwa perawatan kulitnya normal saja, tidak ada yang khusus.

Minyak gosok Cap Tawon, salah satu produk legend khas Makassar yang kerap diincar wisatawan karena khasiatnya. Produk oleh-oleh ini terkenal sampai ke Eropa [SuaraSulsel.id/istimewa]
Minyak gosok Cap Tawon, salah satu produk legend khas Makassar yang kerap diincar wisatawan karena khasiatnya. Produk oleh-oleh ini terkenal sampai ke Eropa [SuaraSulsel.id/istimewa]

“Perawatannya biasa, yang wajar wajar saja, nggak ada yang gimana-gimana,” jelasnya.

Minyak tawon merupakan minyak tradisional yang memiliki bau khas, karena diramu dari berbagai macam bahan herbal seperti minya kelapa, minyak kayu putih, daun lada, cengkeh, jahe, ekstrak kunyit hingga bawang.

Sehingga meski ada nama tawon, minyak ini tidaklah terbuat dari serangga tawon. Minyak tawon pun bukan ditujukan untuk perawatan kulit, melainkan mengatasi beberapa penyakit.

Berikut beberapa manfaat minyak tawon:

1. Meredakan nyeri otot

Minyak tawon memiliki kemampuan untuk melancarkan sirkulasi darah sehingga dapat membantu untuk meredakan nyeri otot atau sendi.

Kandungan minyak kayu putih di dalamnya juga dapat meringankan keluhan pegal-pegal.

2. Meredakan gatal

Karena mengandung ekstrak kunyit, minyak tawon juga ampuh mengobati maupun meredakan gatal akibat gigitan serangga seperti nyamuk dan semut.

3. Mengurangi bengkak

Dengan mengoleskan minyak tawon di area yang bengkak secara rutin selama beberapa hari, bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhannya.

4. Meredakan kembung

Karena kandungan herbalnya, minyak tawon bisa membantu untuk menghangatkan tubuh dan meredakan rasa tidak nyaman karena perut kembung.

https://www.suara.com/health/2023/12/15/134219/4-manfaat-minyak-tawon-yang-pernah-gibran-sebut-sebagai-skincare-selvi-ananda