5 Cara Menjaga Kesehatan Gigi Selama di Rumah Aja
By: Date: 24 April 2020 Categories: kesehatan gigi,menjaga kesehatan gigi


Suara.com – Saat berada di rumah aja, menjaga kesehatan menjadi lebih penting untuk menekan angka penyebaran virus corona. Dan salah satu yang harus diperhatikan adalah cara menjaga kesehatan gigi.

Ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk menjaga kesehatan gigi dengan benar selama di rumah aja, untuk mengurangi kemungkinan Anda harus ke dokter gigi.

Dikutip dari Evening Standard, berikut adalah tips dari drg. Safa Al Naher untuk menjaga gigi dan gusi tetap sehat, dan tanpa sakit.

1. Sikat gigi dua kali sehari

Sikat gigi dua kali sehari, sebelum sarapan dan sebelum tidur. Gunakan sikat gigi lembut dan kecil untuk menyingkirkan bakteri dan plak di gigi.

2. Gunakan pasta gigi ber-fluoride

Fluoride sangat bagus untuk membantu menguatkan gigi, mencegah gigi berlubang, dan merupakan satu-satunya mineral yang dapat mengurangi terjadinya kerusakan gigi. Ini sangat penting jika Anda termasuk orang yang suka ngemil di rumah.

3. Kurangi ngemil makanan manis

Gigi kita didesain untuk terpapar oleh asam tak lebih dari tiga kali sehari. Lebih dari itu, kita akan berisiko terkena kerusakan gigi.

Ini termasuk buah-buahan, jus buah, dan smoothies. Mengurangi ngemil makanan manis dan mengonsumsi cemilan bebas gula seperti keju, sayur-sayuran, dan biskuit gurih akan lebih baik.

4. Kumur menggunakan air garam atau hidrogen peroksida

Berkumur bukan pengganti sikat gigi, namun bisa menjadi disinfektan yang kuat, terlebih di tengah pandemi seperti ini.

Banyak studi yang menunjukkan bahwa obat kumur dengan hidrogen peroksida memiliki kandungan antivirus yang bisa membunuh virus seperti Covid-19 yang bisa hidup di mulut dan tenggorokan kurang lebih empat hari.

Anda juga bisa menggunakan air garam untuk berkumur. Cukup larutkan satu sendok teh garam ke air hangat, kumur-kumur, dan buang.

5. Persiapkan emergency kit

Sangat penting untuk memiliki obat anti nyeri di rumah sebagai persiapan kalau-kalau Anda sakit gigi. Misalnya seperti paracetamol, cocodamol, dan ibuprofen.

Let’s block ads! (Why?)