5 Doa Untuk Memohon Kesehatan dan Keselamatan
By: Date: 3 April 2020 Categories: Uncategorized


Suara.com – Di tengah pandemi Covid-19 ini, kesehatan menjadi prioritas. Selain tetap berada di rumah dan menjaga jarak sosial, tindakan lain juga bisa dilakukan untuk mencegah tertular virus corona, seperti menjaga daya tahan tubuh dan mengonsumsi makanan sehat.

Bagi seorang muslim, berdoa termasuk bagian dari usaha terhadap sesuatu. Selain memperkuat iman, berserah diri pada Yang Maha Kuasa dipercaya dapat menentramkan jiwa.

Jika kebetulan saat masa karantina ini Anda sedang sakit atau ada anggota keluarga atau kerabat yang sakit, doa bisa menjadi salah satu cara untuk turut membantu kesembuhan. Ini dia 5 doa yang bisa dipanjatkan untuk orang yang sedang sakit, seperti dialihbahasakan dari laman Have Halal Will Travel.

Diriwayatkan oleh Al-Bukhari, berkata Aisha R.A:

“Ketika Nabi Muhammad SAW sedang sakit, beliau biasa membaca Surat An-Nas dan Surat Al-Falaq, dan kemudian meniupkan nafasnya ke tubuhnya. Ketika penyakitnya bertambah parah, saya biasa melafalkan kedua surah itu dan meniupkan ke kedua tangannya. Lalu menggosokkan ke tubuh dengan tangannya sendiri.”

Doa #1

Allahumma inni a’uzubika minal baros, wal junuun wal juzzam, wa min sayyi’il-asqam

“Ya Allah, aku mencari perlindungan kepada-Mu dari kusta, kegilaan, kaki gajah, dan penyakit jahat.”

Doa #2

Allahuma rabba-nnasi mudzhibal baasisydi ‘antaasya fii laa sy fiya illa anta syifaa ‘an laa yufa’a

“Ya Allah Pemelihara Manusia! Hapus penyakitnya, sembuhkan penyakitnya. Kaulah yang menyembuhkan. Tidak ada obat kecuali obat-Mu. Beri kami obat yang tidak meninggalkan penyakit.

Doa #3

As’alu Allah Al ‘azim rabbil’ arshil azim an yashifika

“Saya meminta kepada Allah, Yang Maha Kuasa, Tuhan Yang Mahakuasa, untuk menyembuhkanmu.”

Doa #4

Rabbana ‘atinaa fid dunyaa hasanat wafil aakhirati hasana taw wa qinaa azaaban naar

“Ya Allah! Tuhan dan Penopang kami! Berilah kami kebaikan di dunia ini dan kebaikan di akhirat, dan selamatkan kami dari api Jahannam (Neraka).”

Doa #5

A’uuzu bi’izzatillaahi wa qudrati min sharri ma ajidu wa uhaaziru

“Saya mencari perlindungan dalam kekuatan Allah dan kekuatan-Nya dari kejahatan apa yang saya alami dan apa yang saya takuti.”

Let’s block ads! (Why?)