5 Gejala Kolesterol Tinggi, Waspada Setelah Idul Adha Akibat Konsumsi Daging Berlebihan
By: Date: 2 Juli 2023 Categories: Kolesterol

Suara.com – Kolesterol tinggi merupakan suatu keadaan di mana seseorang memiliki terlalu banyak kandungan zat lemak di dalam darah. Gejala kolesterol tinggi tentu saja tidak bisa disepelekan.

Pasalnya, jika hal ini terjadi secara terus-menerus, dampaknya bagi kesehatan bisa fatal, antara lain menyebabkan jantung dan stroke. Alarm kolesterol biasanya muncul setelah hari raya Idul Adha.

Bagaimana tidak, di idul kurban, konsumsi daging sapi dan kambing bisa tak terkontrol. Sederet hidangan lezat berbahan dasar olahan daging menggiurkan lidah.

Apalagi jika hidangan tersebut disajikan bersama canda-tawa keluarga dan kerabat, agenda nyate bareng. Namun, perhatikan lima gejala kolesterol tinggi berikut agar konsumsi lemak tetap terkontrol. 

Baca Juga: 5 Tanda Kolesterol Tinggi dan Cara Mengatasinya

1. Kaki dan Tangan Mudah Kesemutan

Salah satu gejala yang gampang dikenali dan mengarah pada kolesterol tinggi adalah kaki dan tangan yang mudah kesemutan.

Kedua anggota tubuh ini juga mengalami rasa ngilu atau nyeri saat digunakan untuk beraktivitas. Jika intensitasnya sudah semakin sering, itu artinya perlu waspada. 

2. Warna Lidah Berubah Kebiruan

Jika dalam kondisi normal lidah berwarna merah muda, dengan kondisi kolesterol yang naik warna lidah bisa menjadi biru hingga keunguan.

Baca Juga: 4 Olahraga untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi, Ada Berenang dan Yoga

Lidah yang berwarna ungu atau biru seringkali merupakan tanda bahwa darah tidak bisa mencapai otot untuk memasok jaringan dengan oksigen. Lidah yang kekurangan oksigen adalah hasil dari sirkulasi darah yang rendah di arteri.

3. Tubuh Mudah Lelah

Kadar lemak yang berlebihan membuat aliran darah dan udara di dalam tubuh menjadi tidak lancar. Gejala yang muncul tentu saja tubuh menjadi mudah lelah. Pasalnya, tubuh dipaksa melakukan kerja keras namun aliran darah ke jantung dan pembuluh darah justru bermasalah. 

4. Keram

Keram kaki merupakan gejala kolesterol tinggi lainnya yang mesti diwaspadai. Biasanya keram terjadi saat bangun tidur. Namun, rasa nyeri akan hilang seiring dengan tubuh yang digerakkan. 

5. Sering Menguap

Terlalu sering menguap dan mengantuk? Maka harus hati-hati. Frekuensi menguap dan mengantuk yang tidak wajar bisa jadi merupakan tanda kolesterol naik.

Hal ini menunjukkan kurangnya pasokan oksigen ke otak sehingga menyebabkan mudah lelah. Jika tidak segera diatasi, akibatnya bisa fatal. 

Itulah beberapa gejala kolesterol tinggi yang kerap muncul setelah Idul Adha akibat banyak makan daging.

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

https://www.suara.com/health/2023/07/02/070000/5-gejala-kolesterol-tinggi-waspada-setelah-idul-adha-akibat-konsumsi-daging-berlebihan