5 Jenis Kanker Payudara: Mana Paling Ganas?
By: Date: 23 November 2023 Categories: kanker,Kanker Payudara

Suara.com – Tidak banyak orang yang tahu jika ada berbagai jenis kanker payudara, yang bisa mempengaruhi keganasan sel kanker karena bisa tumbuh cepat. Bahkan risiko kesembuhannya cenderung rendah.

Kanker payudara adalah penyebab kematian terbanyak perempuan akibat kanker. Tak main-main, angkanya menurut Global Burden of Cancer (GLOBOCAN) kematian di 2020 diprediksi mencapai 22.430 kasus di Indonesia. Padahal risiko ini bisa diturunkan dengan deteksi dini, diagnosis dan pengobatan seawal mungkin.

Praktisi Bedah Onkologi dr. Rachmawati, SpB.Onk(K) menjelaskan diagnosis klasifikasi jenis kanker payudara bisa dilakukan dengan metode Imunohistokimia (IHK) yaitu pemeriksaan antigen antibodi terhadap sejumlah tumor marker.

kucing (CNN Indonesia)
kucing (CNN Indonesia)

Melalui pemeriksaan tersebut, secara umum dikenal dua jenis kanker payudara yakni tipe luminal dan non-luminal. Tipe luminal kerap disebut juga tipe hormonal, umumnya memiliki pertumbuhan sel lebih lambat dan peluang kesembuhan lebih tinggi dibanding kanker payudara tipe non-luminal.

“Kalau kita bikin skema, tipe luminal itu di sebelah kiri, non-luminal di sebelah kanan. Semakin ke kiri, semakin ‘baik’ sifat kankernya. Semakin ke kanan kemungkinan angka kesembuhan semakin rendah,” papar dr. Rachmawati melalui rilis yang diterima suara.com, Kamis (23/11/2023).

Lebih lanjut ia menambahkan, kanker payudara ditentukan berdasarkan sejumlah pemeriksaan. Seperti reseptor hormon estrogen, reseptor hormon progesteron, protein HER2 (human epidermal growth factor receptor 2), dan Ki-67.

“Ki-67 itu prediktor terhadap kecepatan pertumbuhan sel. Jadi kalau Ki-67 rendah, itu (biasanya) termasuk subtipe kanker payudara yang prognosisnya baik. Kalau makin tinggi Ki-67, biasanya kecepatan pertumbuhan selnya cepat dan angka kesembuhannya lebih rendah,” jelas dr. Rachmawati.

Sehingga setelah didiagnosis dengan pemeriksaan imunohistopatologis, berikut ini beberapa jenis kanker yang perlu diketahui dan diwaspadai:

1. Subtipe Luminal A

Ini adalah kanker payudara dengan reseptor hormon estrogen positif (ER+) atau progesteron positif dan HER2 negatif. Umumnya memiliki kadar Ki-67 lebih rendah dan prognosis lebih baik, sehingga disebut tidak terlalu menyebar cepat.

2. Subtipe Luminal B

Jenis kanker payudara ini terdiri dari reseptor hormon estrogen positif (ER+)atau progesteron positif, dan HER2 negatif. Kadar Ki-67 lebih tinggi, biasanya diatas 20% sehingga selnya lebih berkembang cepat.

3. Subtipe Luminal B dengan Her 2 +3

Ini artinya kanker payudara dengan reseptor hormon estrogen atau progesteron positif, dan HER2 positif.

4. Subtipe HER2 Type

Jenis kanker payu dara ini terdiri dari reseptor hormon estrogen atau progesteron negatif dan HER2 positif.

5. Subtipe Triple Negative

Ini merupakan kanker payudara dengan reseptor hormon estrogen dan progesteron, maupun HER2, semuanya negatif. Subtipe ini juga dikenal lebih agresif dan paling umum ditemukan pada pasien dengan mutasi gen BRCA1.

“(Subtipe) non luminal termasuk triple negative dan HER2 type itu biasanya Ki-67-nya tinggi. Kalau (subtipe) luminal biasanya rendah,” jelas dr Rachmawati.

Manfaat Pasien dan Dokter Tahu Jenis Kanker Payudara

Identifikasi subtipe kanker payudara berguna untuk menentukan pengobatan yang paling efektif bagi pasien. Karena jenis dan sifat kanker payudara berbeda-beda, tatalaksana pengobatan pada setiap kanker payudara belum tentu sama.

Selain itu, kanker payudara juga diklasifikasikan berdasarkan lokasi sel-sel kanker bermula dan juga sifat persebarannya. Menurut praktisi kesehatan dr. Intan Rahmi Nasya, klasifikasi ini mengelompokkan kanker payudara menjadi kanker invasif dan kanker non-invasif.

“Jenis kanker payudara yang paling umum adalah karsinoma duktal invasif dan karsinoma lobular invasif, yang dimulai pada sel-sel saluran payudara atau lobulus,” jelas dr. Intan.

https://www.suara.com/health/2023/11/23/125105/5-jenis-kanker-payudara-mana-paling-ganas