5 Kawah Raksasa Hasil Benturan Asteroid, Nomor 2 Tertua dan Terbesar di Bumi – Celebrities.id
By: Date: 4 Februari 2022 Categories: Sains

JAKARTA, celebrities.id – Kawah sebuah gunung memiliki daya magis tinggi bagi para pencinta wisata alam. Kendati sangat berbahaya, kawah gunung di belahan dunia kerap dikunjungi pelancong.

Bahkan, beberapa orang bukan hanya penasaran dengan kawah gunung yang terbentuk secara alamiah. Kawah raksasa yang terbentuk akibat tumbukan asteroid yang mematikan pun menarik perhatian mereka.

Menukil Live Science, Jumat (4/2/2022), berikut ini lima kawah raksasa yang berasal dari tumbukan asteroid.

1. Kawah Sudbury

Kawah Sudbury berada di Ontario, Kanada, dengan lebar mencapai 130 km yang merupakan hasil tumbukan asteroid pada 1,85 miliar tahun yang lalu. Berdasarkan hasil pecahan batu yang ditemukan di Minnesota yang berjarak 800 kilometer, ukuran kawah ini awalnya membentang seluas 260 kilometer.

2. Kawah Vredefort

Kawah Vredefort merupakan kawah bekas tumbukan asteroid tertua dan terbesar yang ada di Bumi. Menurut perkiraan ilmuwan, kawah yang berada di Afrika Selatan ini berukuran 300 kilometer.

Kawah ini hasil tumbukan asteroid yang ukurannya lebih besar dari Table Mountain Afrika Selatan dan menghasilkan kawah raksasa pada 2,2 miliar tahun yang lalu.

 

Topik Terkait