5 Penyakit Akibat Kekurangan Vitamin C – CNN Indonesia
By: Date: 12 Oktober 2021 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

Jakarta, CNN Indonesia —

Vitamin C merupakan salah satu asupan nutrisi penting bagi kesehatan tubuh. Berikut lima penyakit kekurangan vitamin C.

Selain bertanggung jawab atas pembentukan kolagen yang tepat dalam tubuh, kolagen juga penting untuk perkembangan tulang, kesehatan pembuluh darah, dan penyembuhan luka.

Karena fungsinya tersebut, kekurangan vitamin C dapat menyebabkan sejumlah penyakit dan memicu komplikasi lebih lanjut.


Berikut lima penyakit kekurangan vitamin C.

1. Skorbut

Sebagaimana dilansir Times of India, skorbut atau scurvy adalah penyakit yang paling menonjol terkait dengan kekurangan vitamin C. Ini menunjukkan kekurangan vitamin C dalam makanan menyebabkan memar, gusi berdarah, kelemahan, kelelahan, ruam, dan banyak lagi.

Gejala awal dari skorbut mungkin termasuk kelelahan yang tidak dapat dijelaskan, nafsu makan berkurang, lekas marah dan nyeri sendi.

Jika tidak diobati, itu juga dapat menyebabkan anemia, radang gusi, pendarahan kulit, dan lainnya.

2. Hipertiroidisme

Hipertiroidisme adalah ketika kelenjar tiroid mengeluarkan hormon berlebih. Vitamin C bersama dengan nutrisi penting lainnya penting untuk kesehatan tiroid Anda.

Dikatakan, kekurangan vitamin C yang berkepanjangan dapat menyebabkan kelebihan sekresi hormon dari kelenjar tiroid, pemicu hipertiroidisme.

Beberapa gejala hipertiroidisme seperti penurunan berat badan yang tidak disengaja, jantung berdebar-debar, nafsu makan meningkat, gugup, tremor, perubahan pola menstruasi pada wanita dan banyak lagi.

3. Anemia

Penyakit kekurangan vitamin C lainnya adalah anemia. Terlepas dari manfaat lain, vitamin C membantu penyerapan zat besi, yang sangat penting untuk mencegah penyakit seperti anemia.

Anemia merupakan hasil dari penurunan jumlah atau kualitas sel darah merah dalam tubuh Anda.

Gejala anemia mungkin termasuk kelelahan, pucat, sesak napas, pusing, serta penurunan berat badan.

4. Gusi berdarah

Vitamin C juga penting untuk kesehatan mulut. Tidak hanya memperkuat gigi, tetapi vitamin C juga melindungi gusi.

Oleh karena itu, kekurangan vitamin C dapat menyebabkan gusi berdarah dan penyakit gusi.

5. Penyakit kulit

Vitamin C berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin C memiliki sifat antioksidan dan memainkan peran kunci dalam produksi kolagen, protein yang berlimpah di jaringan ikat seperti kulit, rambut, sendi, dan lainnya yang penting untuk kesehatan kulit.

Cara mengatasi kekurangan vitamin C

Memasukkan makanan kaya vitamin C dalam diet Anda adalah cara terbaik untuk mencegah penyakit kekurangan vitamin C. Coba perbanyak konsumsi buah dan sayuran yang kaya vitamin C seperti jeruk.

Selain itu, merokok harus dihindari karena penelitian telah membuktikan bahwa perokok telah mengurangi jumlah vitamin C dalam tubuh mereka. Suplemen vitamin C juga dapat dipertimbangkan, tetapi konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengonsumsinya.

(agn)

[Gambas:Video CNN]