5 Rekomendasi Obat Mual Muntah Tradisional – KlikDokter
By: Date: 18 Juli 2022 Categories: healthy tips,herbal,obat alami,obat tradisional,terapi,Tips Sehat

Selama ini, tidak sedikit orang menggunakan obat-obatan kimia untuk meredakan mual dan muntah. Padahal, mual dan muntah juga bisa disembuhkan menggunakan  obat tradisional. 

Ada beragam obat herba yang bisa digunakan, mulai dari jahe hingga lemon. Khasiat  obat alami untuk mual dan muntah ini bahkan sudah dikaji oleh para ahli.

Seperti apa temuannya? Yuk simak 5 obat mual muntah tradisional di bawah ini.

1. Jahe 

Salah satu bahan alami yang banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengatasi mual dan muntah adalah jahe. Disampaikan dr. Dyah Novita Anggraini air jahe hangat bisa digunakan untuk membantu meredakan mual dan muntah. 

Sebuah penelitian yang dimuat Critical Review in Food Science and Nutrition, menemukan bahwa kandungan gingerol dan shogaol dalam jahe berperan dalam mengatasi mual muntah.

Menurut studi yang dirilis Nutrition Journal, jahe bahkan bisa digunakan untuk mengurangi rasa mual selama kehamilan. Jahe juga bisa membantu mengurangi rasa mual pada sebagian besar orang yang baru saja menjalani kemoterapi atau operasi, menilik riset yang diterbitkan Nutrition Reviews.  

Meski jahe cukup aman untuk dikonsumsi, asupan herba satu ini tetap perlu dibatasi. Terutama bagi kamu yang mengalami mual muntah dan memiliki kondisi medis tertentu.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan Complementary Therapies in Clinical Practices, jahe sebaiknya tidak digunakan untuk mengatasi mual muntah bagi kamu penderita tekanan darah rendah atau sedang mengonsumsi obat pengencer darah.

Artikel Lainnya: Penyebab Pusing yang Disertai Mual

2. Peppermint 

Obat mual dan muntah alami berikutnya adalah peppermint. Menurut studi yang dimuat  Ecancermedicalscience, peppermint bisa digunakan untuk mengurangi rasa mual dan muntah yang muncul setelah menjalani kemoterapi. 

Untuk meredakan mual dan muntah, peppermint bisa dikonsumsi sebagai teh atau digunakan sebagai aromaterapi.

3. Protein

Mual dan muntah juga bisa diredakan secara alami dengan meningkatkan asupan protein. Hal ini didukung oleh temuan yang dirilis Gastroenterology Clinics of North America

Peneliti menemukan bahwa makanan kaya protein dapat mengurangi mual dan muntah dibandingkan dengan makanan yang tinggi lemak atau karbohidrat. 

Mengonsumsi makanan tinggi protein cukup ampuh untuk mengatasi rasa mual dan muntah selama kehamilan. 

Artikel Lainnya: Ini Pertolongan Pertama untuk Atasi Mual dan Muntah

4. Kayu Manis 

Kayu manis atau cinnamon dipercaya dapat membantu mengurangi rasa mual dan muntah. Berdasarkan riset yang dirilis Iranian Red Crescent Medical Journal, kayu manis bisa digunakan untuk meredakan rasa mual pada wanita yang sedang menstruasi. 

Untuk memperoleh khasiat tersebut, kamu bisa menambahkan kayu manis pada makanan atau minuman yang dikonsumsi.

5. Lemon

Menurut penelitian yang dirilis Iranian Red Crescent Medical Journal, aroma lemon dapat mengurangi rasa mual pada ibu hamil. Sebanyak 100 bumil yang mengikuti penelitian mengaku berkurang rasa mualnya usai menghirup aroma lemon.

Manfaat ini bisa kamu peroleh dengan mengiris atau menggaruk kulit lemon, lalu hirup aromanya. Kamu juga bisa meredakan mual dan muntah dengan menghirup aroma lemon dalam bentuk minyak esensial.

Gunakan 5 obat mual muntah tradisional di atas untuk meredakan keluhan yang kamu rasakan. Apabila kamu memiliki kondisi medis tertentu, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat alami untuk mual dan muntah.

Kamu juga bisa konsultasi langsung melalui fitur tanya dokter online, lo. Agar terhindar dari gejala mual dan muntah, tetap #JagaSehatmu dengan menerapkan gaya hidup sehat, ya! Simak tips menjaga kesehatan lengkap dengan download aplikasi KlikDokter.

(ADT/NM)

Referensi: 

Ditinjau oleh dr. Dyah Novita Anggraini