6 Kuliner Nikmat Berbahan Dasar Ikan Khas Nusantara, Bikin Lidah Berdansa
By: Date: 31 Oktober 2023 Categories: Uncategorized

SEBAGAI negara maritim, Indonesia memiliki beragam jenis olahan makanan laut terutama dari ikan di berbagai daerah di Nusantara. Masakan berbahan dasar ikan ini sangat menarik, nikmat, lezat dan menggugah selera.

Olahan ikan di Indonesia umumnya memakai racikan bumbu dan rempah-rempah yang sangat otentik. Tak heran, jika masakan khas Indonesia menjadi primadona dan juga sudah mulai terkenal mendunia.

Jika Anda masih belum banyak tahu apa saja sih kuliner nikmat berbahan dasar ikan. Menghimpun berbagai sumber, Selasa (31/10/2023) berikut enam kuliner nikmat berbahan dasar ikan khas Nusantara.

1. Nila Toba Tauco –Sumut : Nila Toba Tauco merupakan salah satu kuliner dari Medan, Sumut. Dinamakan Toba tauco, karena kudapan dengan cita rasa pedas satu ini memang bisa ditemukan di kawasan Danau Toba. Saus yang dipakai berasal dari tauco Medan yang dicampur dengan bahan lainnya, seperti cabai rawit, cabai keriting merah, bawang putih, bawang merah, salam, sereh, lengkuas, jahe, garam, gula dan jeruk nipis atau limo agar ikan tidak bau.

BACA JUGA:

(Foto: MPI/Novie) 

Selain nila, Anda bisa juga menggantinya dengan jenis ikan lainnya. Misalnya lele, bawal, serta aneka seafood lainnya. Nila Toba Tauco yang merupakan salah satu kuliner halal ini memang nikmat disantap bersama nasi putih hangat.

2. Sop Ikan – Batam: Salah satu makanan khas Batam yang sudah sangat populer. Rasanya gurih, lezat apalagi disajikan selagi hangat bersama nasi putih. Bahan dasar dari sop ini yaitu ikan, udang, cumi, bawang goreng, dan disajikan bersama kuah segar dengan bumbu khas dan irisan tomat hijau.

BACA JUGA:

Follow Berita Okezone di Google News

https://lifestyle.okezone.com/read/2023/10/31/298/2911533/6-kuliner-nikmat-berbahan-dasar-ikan-khas-nusantara-bikin-lidah-berdansa