6 Obat Alami Atasi Gatal pada Miss V, Jangan Dibiarkan Terus! – detikHealth
By: Date: 11 Januari 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

Jakarta

Ada banyak penyebab vagina terasa gatal, di antaranya kekeringan pada vagina atau iritasi kimia seperti yang terkandung dalam sabun tertentu. Gatal juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur, bakterial vaginosis, infeksi menular seksual (IMS), atau lainnya.

Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan pengobatan rumahan. Tetapi, obat yang dipilih tergantung pada penyebab gatalnya. Seperti rasa gatal pada vagina hal tersebut bisa disebabkan oleh infeksi jamur tetapi, jika gatalnya terdapat pada kulit sekitar vagina hal ini bisa jadi disebabkan oleh eksim atau penyakit lain.

Berikut 6 cara alami mengatasi gatal pada vagina:

Minyak kelapa

Sebuah studi tahun 2016 menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat membunuh Candida albicans, yang menyebabkan infeksi jamur.

Cara menggunakannya:

  1. Masukkan minyak kelapa langsung ke dalam vagina.
  2. Pastikan untuk menggunakan minyak kelapa murni berkualitas tinggi.
  3. Kenakan pembalut jika mencoba obat ini, karena bisa meninggalkan bekas pada pakaian.

Cuka sari apel

Banyak orang percaya bahwa menambahkan cuka sari apel ke dalam bak mandi dapat meredakan infeksi jamur. Cuka sari apel juga merupakan obat rumahan yang umum untuk mengatasi kulit gatal.

Cara menggunakannya:

  1. Tambahkan setengah cangkir cuka sari apel ke air mandi.
  2. Rendam dalam bak mandi selama 10 sampai 40 menit.

Makanan probiotik

Makan makanan yang mengandung probiotik dapat mendorong pertumbuhan bakteri sehat di vagina dan usus bahkan dapat mengatasi infeksi jamur. Makanan probiotik meliputi:

  • Yogurt
  • Kombucha
  • Kimchi
  • Kol parut
  • Sup Kedelai Jepang

Daun kemangi

Kemangi merupakan ramuan populer yang mengandung zat eugenol dan dapat mematikan ujung saraf yang menyebabkan gatal. Daun ini memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri dan antijamur, yang dapat mengobati gatal dan terbakar pada vagina.

Cara Penggunaan:

  1. Ambil daun kemangi segar dan rebus dalam air
  2. Tuangkan cairan ke dalam mangkuk dan biarkan hingga dingin.
  3. Bilas vagina menggunakan campuran tersebut. Lakukan cara ini 2-3 kali sehari.

Soda kue

Soda kue, juga dikenal sebagai natrium bikarbonat, membentuk larutan basa ketika dilarutkan dalam air. Hal ini dapat menciptakan lingkungan yang tidak kondusif bagi jamur untuk berkembang biak. Sehingga membuatnya menjadi obat yang bagus untuk menenangkan dan menghilangkan rasa gatal, terbakar dan bengkak.

Metode penggunaan:

  1. Tambahkan cangkir soda kue ke dalam bak mandi
  2. Biarkan hingga larut
  3. Rendamkan badan di dalam air selama sekitar 15-20 menit.

Menggunakan pakaian dalam katun

Pakaian dalam katun sangat membantu wanita jika mengalami ketidaknyamanan pada vagina atau vulva. Pakaian dalam berbahan katun bersifat breathable, yang artinya dapat membantu mengurangi kondisi kulit yang gatal.

Mengenakan pakaian dalam berbahan katun 100 persen dapat mencegah infeksi jamur, karena jamur tumbuh subur di area yang tidak berventilasi baik.

Simak Video “Friends with Benefits, Teman tapi Mesra Versi Upgrade
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)