6 Obat Asam Urat Alami, Murah Tanpa Efek Samping – detikcom
By: Date: 15 Juli 2022 Categories: healthy tips,herbal,obat alami,obat tradisional,terapi,Tips Sehat

Solo

Asam urat adalah penyakit yang ditandai oleh serangan nyeri sendi yang berulang-ulang dan secara tiba-tiba karena konsumsi zat purin yang berlebihan. Sumbernya bisa dari olahan kerang, udang, cumi, daging merah, dan jeroan kambing serta sapi. Berikut obat asam urat alami, murah dan tanpa efek samping.

Dilansir dari laman detikHealth, berikut daftar enam obat asam urat alami. Semoga obat asam urat alami ini dapat meredakan nyeri di persendian Anda ketika penyakit asam urat sedang kambuh. Jika sakitnya tak kunjung reda, silakan ke dokter atau fasilitas kesehatan terdekat.

1. Ceri

Obat asam urat alami yang pertama adalah buah ceri (Muntingia calabura). Buah bulat kecil mirip anggur yang kalau sudah matang berwarna merah atau kuning ini sangat populer sebagai obat asam urat alami yang mujarab.



Untuk obat asam urat alami, ceri bisa langsung dimakan buahnya atau diambil sarinya saja dengan cara dijus.

2. Jahe

Obat asam urat alami kedua adalah jahe. Jahe juga dapat meredakan nyeri pada persendian karena penyakit asam urat. Caranya, seduh dua sendok jahe dalam air mendidih di gelas selama 10 menit. Ulangi tiga kali dalam sehari.

Selain diseduh menjadi minuman, jahe sebagai obat asam urat alami juga dapat dikompreskan. Caranya, rendam jahe dalam air hangat lalu kompreskan atau tempelkan ke bagian tubuh yang sakit. Setelah mendingin, oleskan kain penyeka ke bagian tubuh yang sakit itu. Ulangi beberapa kali selama 15-30 menit dalam sehari.

3. Cuka Apel, Jus Lemon, dan Kunyit

Larutan cuka sari apel, jus lemon, dan kunyit juga dikenal sebagai obat asam urat alami. Caranya, sediakan air hangat dalam gelas. Kemudian, campurkan jus lemon dan 1 sendok teh cuka sari apel serta 2 sendok teh kunyit. Siakan buat larutan ini sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

4. Jus Seledri

Seledri merupakan makanan yang secara tradisional digunakan untuk mengobati masalah kemih. Jus dan biji seledri selama ini dikenal mujarab sebagai obat asam urat alami.

5. Garam Epsom

Beberapa orang merekomendasikan mandi garam Epsom untuk mengatasi asam urat. Untuk mencoba obat asam urat alami yang kelima ini, silakan larutkan 1-2 cangkir garam Epsom ke bak mandi. Kemudian, rendam seluruh tubuh atau hanya sendi tertentu yang mengalami nyeri.

6. Teh Jelatang

Tumbuhan jelatang yang banyak ditemukan di Kabupaten Bengkulu Selatan ini bisa menyebabkan gatal jika terkena kulit. Meski demikian, setelah diolah menjadi teh, jelatang juga bisa menjadi obat asam urat alami. Caranya, silakan rebus 1-2 sendok teh jelatang kering untuk takaran satu cangkir. Setelah itu, minumlah hingga 3 gelas per hari.

Simak Video “China Kirim Jutaan Obat Herbal dan Kapsul Flu ke Shanghai
[Gambas:Video 20detik]
(dil/sip)