6 Tanda-Tanda Gigi Anda Bakal Copot
By: Date: 6 Mei 2023 Categories: Life

BIASANYA, ketika gigi akan copot maka gigi kita akan lebih kendor dan mudah digoyangkan. Tapi, ternyata ada tanda-tanda lainnya yang menunjukkan bahwa gigi Anda segera copot.

Copotnya gigi dapat disebabkan oleh banyak faktor, seperti cedera pada mulut, karies gigi yang parah, periodontitis, hingga penyakit sistemik yang memengaruhi kepadatan tulang gigi.

Gigi tidak begitu saja copot atau terlepas. Akan muncul tanda-tanda ketika gigi mau copot. Berikut ciri-ciri gigi mau copot yang perlu Anda pahami, seperti dilansir dari Klikdokter.

BACA JUGA:

Gigi Goyang

Tanda-tanda yang paling jelas ketika gigi mau copot adalah ketika gigi goyang. Gigi tersebut goyang karena beberapa hal, salah satunya disebabkan tulang yang sudah tidak mendukung gigi. Gigi akan menempel pada tulang rahang. Jika tulang rahang tersebut sudah tidak memberikan dukungan yang baik, maka gigi akan goyang dan berisiko copot.

Jika sudah merasakan gigi goyang, sebaiknya segera ke dokter gigi untuk dilakukan pemeriksaan dan perawatan selanjutnya. Meski terkadang tidak disertai rasa sakit, gigi yang goyang tetap membutuhkan perawatan yang tepat.

Apabila gigimu terasa mau copot dan dibiarkan begitu saja, maka lama-kelamaan pelekatan gigi ke tulang rahang juga semakin tidak baik sehingga semakin kecil harapan gigi tersebut dapat dipertahankan.

BACA JUGA:

Gusi Mudah Berdarah

Gusi yang mudah berdarah merupakan salah satu tanda gigi mau copot. Kondisi ini juga menunjukkan bahwa ada masalah pada jaringan lunak pendukung gigi. Dalam kedokteran gigi, jaringan ini dikenal dengan jaringan periodontal. Jaringan periodontal menjadi pelekat antara gigi dan tulang rahang.

Kerusakan jaringan periodontal membuat ikatan yang terjadi juga tidak baik, sehingga risiko terburuknya gigi dapat copot. Nah, kerusakan jaringan periodontal menjadi penyebab kedua gigi mau copot setelah kerusakan tulang rahang.

Dibutuhkan diagnosis yang tepat sehingga dapat dilakukan perawatan yang benar untuk mencegah terjadinya keparahan dan gigi copot. Perawatan yang dapat dilakukan, yaitu dengan membersihkan jaringan periodontal dengan harapan munculnya pelekatan baru. Ini akan membuat gigi menempel kembali dengan baik.

BACA JUGA:

Gigi dan Gusi Jadi Lebih Sensitif

Selain terjadi pembengkakan dan kemerahan pada gusi, area tersebut juga menjadi lebih sensitif. Kadang juga terasa nyeri dan mungkin menyebabkan kamu tidak nyaman saat makan, berbicara, atau minum. Kondisi ini perlu mendapat perhatian, dengan memeriksakannya ke dokter gigi. Pasalnya, jika dibiarkan kamu jadi tidak bisa makan dengan baik dan ini bisa memengaruhi asupan nutrisimu setiap harinya.

Terjadi Resesi Gusi

Resesi gusi adalah proses gusi merosot ke bawah dari permukaan gigi. Saat resesi gusi terjadi, kantong atau celah, terbentuk di antara gigi dan garis gusi, sehingga bakteri penyebab penyakit mudah menumpuk.

Jika tidak dirawat, jaringan pendukung dan struktur tulang gigi dapat rusak parah, dan pada akhirnya dapat mengakibatkan kehilangan gigi. Bila kamu mendapati posisi gigimu merosot pada gusi, ini bisa jadi ciri-ciri gigi mau copot.

Baca Juga: Gelar Mudik Sehat, Lifebuoy Beri Edukasi Cuci Tangan Pakai Sabun Guna Cegah Covid-19

Follow Berita Okezone di Google News

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

https://lifestyle.okezone.com/read/2023/05/06/612/2809376/6-tanda-tanda-gigi-anda-bakal-copot