7 Makanan Ini Ampuh Meredakan Nyeri Otot Setelah Olahraga – detikFood
By: Date: 19 November 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

Jakarta

Walaupun menyehatkan tetapi nyeri otot setelah olahraga tak bisa dihindari. Beberapa makanan ini cocok untuk dikonsumsi usai olahraga untuk meredakan nyeri otot.

Selain melakukan diet sehat dan mengatur pola makan, mencukupi kebutuhan untuk aktivitas tubuh juga perlu diperhatikan. Berolahraga secara teratur penting untuk menjaga kebugaran tubuh.

Tetapi setelah berolahraga, nyeri otot yang menegang tidak akan bisa dihindarkan. Ternyata selain melakukan pemanasan dan pendinginan yang tepat ada beberapa makanan yang cocok untuk mengatasinya.


Makanan dan minuman ini punya rasa yang enak dan juga bisa sekaligus untuk mengisi ulang energi tubuh. Jika kamu mengalami nyeri otot setelah olahraga, daftar makanan ini patut dicoba.

Baca juga: Tega! Pelanggan Ini Batalkan Pesanan Makanan 2 Menit Sebelum Tiba

Berikut ini 7 makanan pereda nyeri otot setelah olahraga menurut Healthline:

7 Makanan Ini Ampuh Meredakan Nyeri Otot Setelah OlahragaTak hanya menyegarkan, semangka ternyata juga bisa meredakan nyeri otot. Foto: Getty Images/iStockphoto/JackF

1. Semangka

Semangka merupakan buah yang manis, menghidrasi serta padat dengan nutrisi dan vitaminnya. Ternyata tak hanya cocok dikonsumsi sebagai camilan sehat, semangka juga disarankan untuk dikonsumsi setelah berolahraga.

Semangka kaya akan kandungan asam amino L-citrulline yang dapat memproduksi nitric oxide untuk meningkatkan sirkulasi darah pada otot. Selain dikonsumsi sebagai buah potong, semangka juga cocok dinikmati sebagai jus yang menyegarkan.

2. Ikan

Pada berbagai penelitian yang dilakukan oleh ahli, ikan yang mengandung lemak atau minyak alami memiliki khasiat yang sangat baik untuk tubuh manusia. Salah satunya adalah kandungan proteinnya yang ampuh untuk meregenerasi sel otot setelah olahraga.

Beberapa ahli menyarankan untuk mengonsumsi 30 gram ikan setelah berolahraga untuk meredakan nyeri otot. Jenis-jenis ikan yang disarankan misalnya ikan sarden atau ikan salmon.

3. Jus buah bit

Buah bit yang merupakan umbi akar memiliki komponen nitrat dan pigmen bernama betalain. Komponen nitrat dapat membantu mengirimkan oksigen pada otot sehingga otot lebih mudah memproduksi energi untuk memperbaiki selnya.

Sementara itu, komponen betalain mampu mengatasi inflamasi dan kerusakan oksidatif yang diterima tubuh saat berolahraga. Pada sebuah penelitian tahun 2016, sebanyak 30 partisipan membuktikan bahwa jus buah bit dapat mengatasi nyeri otot 48 jam setelah berolahraga.

Baca juga: 10 Netizen Ini Temukan Martabak dengan Topping Nyeleneh

Makanan pereda nyeri otot lainnya ada di halaman berikutnya.