7 Makanan Kaya Kolagen, Bikin Kulit Mulus dan Kencang – detikFood
By: Date: 1 Oktober 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

Jakarta

Setiap orang ingin punya kulit mulus dan kencang. Asupan makanan mengandung kolagen bisa jadi solusinya. Seperti beberapa makanan kaya kolagen ini.

Kolagen adalah protein dalam tubuh yang berperan sebagai zat pembangun utama tulang, kulit, rambut, kuku, otot, tendon, dan ligamen. Peran kolagen dalam tubuh seperti lem perekat yang menyatukanseluruh tubuh menjadi satu kesatuan.

Tubuh manusia secara alami memproduksi kolagen, namun jumlah yang dihasilkan akan menurun seiring pertambahan usia.


Sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Plastic and Aesthetic Research menunjukkan bahwa produksi kolagen menurun 1% hingga 1,5% dari masa dewasa awal. Gaya hidup juga dapat mempengaruhi produksi kolagen, seperti halnya polusi udara, asap rokok dan radikal bebas.

Menipisnya kadar kolagen dapat memiliki beberapa efek pada tubuh. Seperti tulang yang lebih lemah, keriput dan kulit kendur, nyeri sendi, kekuatan otot yang turun dan masalah pencernaan

Dilansir dari CNBC Indonesia, berikut adalah makanan yang banyak mengandung kolagen, untuk menjaga kulit mulus dan kencang.

1. Kaldu tulang

Jika kamu punya waktu, buat sendiri kaldu tulang dengan memasak tulang sapi atau ayam. Namun, untuk menghasilkan kaldu tulang berkualitas, waktu untuk memasaknya bisa sampai berjam-jam bahkan satu hari.

Jika mau prakts, kini sudah banyak dijual ekstrak kaldu tulang murni yang dijual dalam kemasan bitol kaca. Siap minum sebagai asupan harian.

2. Daging merah, unggas dan ikan

Jenis daging tertentu dengan banyak jaringan ikat, seperti sandung lamur atau daging panggang, kaya akan kolagen. Unggas dan ikan juga mengandung asam amino yang membantu merangsang produksi kolagen dalam tubuh.

Diet telur rebusTelur salah satu sumber kolagen yang baik. Foto: Getty Images/iStockphoto/fcafotodigital

3. Telur

Telur mengandung prolin, asam amino yang membantu meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh dan meningkatkan kekuatan otot.

4. Buah dan sayuran tinggi vitamin C

Vitamin C adalah salah satu antioksidan paling terkenal yang bisa kita konsumsi. Vitamin jenis ini menawarkan berbagai manfaat, salah satunya adalah merangsang tubuh untuk memproduksi kolagen. Makanan yang kaya vitamin C antara lain beragam jenia jeruk, berries, paprika, tomat hingga brokoli.

5. Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau gelap, seperti kangkung, bayam, dan kale mengandung banyak vitamin C dan antioksidan yang membantu tubuh memproduksi kolagen.

6. Bawang putih

Bawang putih secara alami mengandung belerang yang tinggi, yang diperlukan untuk memproduksi kolagen. Cobalah untuk mulai mengonsumsi bawang putih untuk meningkatkan rasa dan mendapatkan lebih banyak manfaat kesehatan.

7. Makanan yang secara alami tinggi zinc

Zinc sangat penting untuk produksi kolagen dalam tubuh. Makanan alami tinggi zinc seperti tiram, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Fungsi kolagen dalam tubuh, baca selengkapnya di SINI !

Simak Video “Bikin Laper: Pizza dan Pasta yang Bikin Nafsu Makan
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)