7 Makanan yang Ampuh Atasi Nyeri Sendi – detikcom
By: Date: 29 Januari 2023 Categories: healthy tips,herbal,obat alami,obat tradisional,terapi,Tips Sehat

Daftar Isi

Bandung

Nyeri sendi adalah rasa sakit dan membuat tubuh tidak nyaman. Penyebabnya nyeri sendi bisa beragam seperti kelelahan, cedera, atau faktor usia.

Seseorang bisa mengalami nyeri sendi dari level rendah hingga tertinggi. Tentunya kondisi ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari karena sendi memiliki peran penting membantu anggota tubuh bergerak.

Beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk mengurangi nyeri sendi meliputi beristirahat, mengubah gaya hidup, dan mengambil obat-obatan anti-inflamasi.



Tetapi untuk hasil lebih alami, sebaiknya rutin konsumsi bahan-bahan makanan yang berkhasiat mencegah nyeri sendi. Berikut makanan yang bisa menjadi obat nyeri sendi seperti dilansir detikFood yang dikutip detikJabar, Sabtu (28/1/2023).

7 Makanan untuk Mengurangi Nyeri Sendi

1. Bayam

Bayam dikenal sebagai sumber nutrisi yang kaya akan vitamin dan mineral, dan juga telah digunakan dalam tradisional sebagai obat alami untuk mengurangi nyeri sendi.

Beberapa nutrisi yang terkandung dalam bayam, seperti vitamin C, vitamin K, dan asam folat, dapat membantu dalam proses pemulihan jaringan tubuh dan mengurangi peradangan.

2. Ikan

Ikan dapat menjadi sumber yang baik dari asam lemak omega-3, yang dapat membantu dalam mengurangi peradangan dan nyeri sendi. Beberapa jenis ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 adalah salmon, tuna, sarden, dan makarel. Asam lemak omega-3 dapat membantu dalam mengurangi gejala pada penderita penyakit sendi seperti osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

3. Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan sangat baik dikonsumsi bagi penderita nyeri sendi. Terutama kacang jenis walnut, pistachio, dan almond yang mengandung nutrisi dalam jumlah banyak termasuk kalsium, magnesium, vitamin E, protein, dan alfa-linolenat. Nutrisi ini akan meningkatkan sistem imun tubuh dan mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan tulang dan sendi.

Bahkan lebih spesifik lagi, kandungan asam lemak omega-3 dalam walnut akan membantu mengurangi nyeri karena osteoartritis dan rheumatoid arthritis.

4. Brokoli

Makanan yang bisa menjadi pereda nyeri sendi yaitu brokoli. Brokoli mengandung sulforaphane yang membantu dalam meredakan nyeri sendi dan berkontribusi dalam penurunan gejala radang sendi.

5. Sitrus

Buah-buahan sitrus seperti lemon, jeruk, dan grapefruit kaya akan vitamin C, yang dapat membantu dalam mengurangi peradangan dan nyeri sendi. Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat membantu dalam mengurangi kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, buah sitrus juga mengandung flavonoid yang dapat membantu dalam mengurangi inflamasi.

6. Gandum

Gandum bisa menjadi salah satu solusi nyeri sendi. Gandum merupakan bahan makanan yang sangat umum digunakan dalam diet sehari-hari. Beberapa jenis gandum mengandung gluten yang dapat menyebabkan masalah pada sendi bagi penderita penyakit celiac.

7. Bawang putih

Obat nyeri sendi selanjutnya adalah bawang putih. Bawang putih dikenal sebagai rempah yang kaya akan antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu dalam mengurangi peradangan dan nyeri sendi. Bawang putih mengandung senyawa seperti allicin yang dapat membantu dalam mengurangi inflamasi dan meredakan nyeri.

(iqk/iqk)