7 Manfaat Buah Kedondong untuk Ibu Hamil, Bisa Tingkatkan Imunitas Lho
By: Date: 12 Januari 2021 Categories: Health

MANFAAT buah kedondong untuk ibu hamil ternyata cukup banyak lho. Setidaknya ada tujuh khasiat yang bisa didapat jika mengonsumsinya secara baik dan teratur. Pasalnya, buah kedondong memiliki sejumlah kandungan nutrisi yang baik untuk ibu hamil.

Buah kedondong sendiri adalah salah satu buah tropis yang mudah ditemukan di Indonesia. Walaupun memiliki rasa asam, buah kedondong disukai berbagai kalangan. Buah berwarna hijau kekuningan ini kerap dijadikan rujak atau asinan.

Baca juga: Tips Ampuh Jaga Kesegaran Buah dan Sayuran untuk Waktu Lama 

Satu buah kedondong memberikan energi 48 Kkal, 1 gram protein, 12 gram karbohidrat, 233 IU vitamin A, 30 mg vitamin C, 15 mg kalsium, 3 mg zat besi, dan 22 gram fosfor. Buah kedondong juga mengandung serat makanan dan vitamin B kompleks seperti tiamin dan riboflavin.

Buah kedondong cukup melekat dengan ibu hamil. Bernama ilmiah Spondias dulcis, buah kedondong memberi beberapa manfaat untuk ibu hamil. Buah kedondong muda digunakan untuk mengobati masalah perut dan membantu wanita dalam persalinan.

Selain itu, masih ada manfaat lain buah kedondong untuk ibu hamil. Apa saja? Berikut tujuh di antaranya, seperti dinukil dari Healthbenefitstimes, Rabu (13/1/2021).

Ilustrasi ibu hamil

1. Tingkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah kedondong kaya vitamin C. Buah ini meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh atau imunitas. Ini juga meningkatkan pembentukan kolagen dan bisa mempercepat proses penyembuhan luka ibu yang baru saja melahirkan. Buah ini juga mengandung antioksidan dan membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas.

2. Atasi anemia

Kandungan zat besi dalam 100 gram kedondong dapat membantu pembentukan sel darah merah. Selain zat besi, ternyata buah kedondong juga mengandung vitamin B1 yang membantu dalam produksi sel darah merah dan meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh serta mencegah anemia, termasuk pada ibu hamil.

Baca juga: Prostitusi di Apartemen Green Pramuka, Korban Diiming-imingi Jadi Pelayan Toko

3. Bantu obati batuk

Ekstrak daun kedondong cukup bermanfaat untuk mengobati batuk. Diperlukan 3 sampai 4 lembar daun kedondong segar direbus dengan dua gelas air. Lalu didiamkan selama beberapa menit. Kemudian saring rebusan itu dan minum dengan madu sesuai selera.

Selain daunnya, buah kedondong juga bisa digunakan untuk mengobati batuk. Caranya parut 2 atau 3 buah buah kedondong dan peras airnya. Anda bisa menambahkan sedikit garam dalam ekstrak ini. Minumlah tiga kali sehari untuk meredakan batuk.

4. Mengobati sakit kulit

Seperti sudah disebutkan, kedondong mengandung vitamin C dalam jumlah yang baik, sehingga dapat membantu memperbaiki jaringan dan memberi nutrisi pada kulit. Ini meningkatkan produksi kolagen dan meningkatkan kecantikan kulit, termasuk pada ibu hamil.

Kedondong juga digunakan untuk mengobati penyakit kulit. Daun kedondong direbus dan ekstraknya digunakan sebagai pengganti body lotion dan pelembap. Secara tradisional, akar pohonnya digunakan untuk mengobati kulit yang gatal.

Let’s block ads! (Why?)