7 Manfaat Telur Rebus untuk Kesehatan – CNN Indonesia
By: Date: 19 Januari 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

Jakarta, CNN Indonesia

Ada banyak cara untuk mengolah telur untuk mendapatkan manfaat secara optimal, termasuk direbus. Berikut manfaat telur rebus untuk kesehatan.

Setiap cara pengolahan telur menawarkan manfaat kesehatan yang berbeda untuk tubuh. Merebus telur adalah salah satu cara untuk mendapatkan manfaat optimal telur.

Telur rebus merupakan hasil pematangan yang tak terkontaminasi dengan zat lain yang berbahaya seperti minyak saat telur digoreng.


Berikut manfaat telur rebus untuk kesehatan.

1. Kesehatan mata

Telur rebus mengandung lutein dan zeaxanthin, paling banyak dibanding jenis makanan lain. Dua nutrisi ini baik mata karena dapat mencegah degenerasi pada makula. Mengonsumsi telur juga dapat menurunkan risiko katarak.

2. Tingkatkan fungsi otak

Telur baik untuk fungsi dan kinerja otak. Telur rebus mengandung kolin, nutrisi yang mengatur otak, sistem saraf, dan kesehatan kardiovaskular. Kolin bakal menjaga struktur otak, yang membantu menyampaikan pesan dari otak ke saraf dan otot.

Pada ibu hamil, telur dapat membantu perkembangan otak janin dan mencegah cacat lahir.

3. Bantu turunkan berat badan

Sebagaimana dilansir WebMD, telur rebus adalah sumber protein tanpa lemak yang sangat baik.

Oleh karenanya, manfaat telur rebus akan membuat Anda kenyang tanpa memasukkan terlalu banyak kalori, yang berguna jika Anda ingin menurunkan berat badan.

4. Baik untuk tulang

Vitamin D dalam telur rebus dapat membuat tulang dan gigi kuat. Vitamin D meningkatkan penyerapan kalsium dan mengatur kadar kalisum dalam darah. Proses ini memastikan kerangka tulang mendapatkan kalsium yang dibutuhkan.

Menurut Healthy Eating, setiap hari dibutuhkan 600 unit vitamin. Dalam satu telur rebus, terkandung 45 unit vitamin D.

5. Turunkan risiko penyakit jantung

Telur rebus menghasilkan lemak baik atau lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Lemak ini dapat menstabilkan kadar kolesterol darah sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Lemak sehat ini juga mengatur insulin di dalam darah dalam batas yang sehat, terutama pada orang dengan diabetes tipe 2.

6. Menumbuhkan rambut dan kuku

Manfaat telur rebus juga dapat menyasar sel-sel kecil di tubuh seperti rambut dan kuku. Telur mengandung sulfur yang tinggi dan merupakan sumber vitamin D, mineral dan antioksidan.

Sebagaimana dilansir Live Strong, kandungan ini membantu menumbuhkan rambut dan kuku yang sehat.

7. Tingkatkan metabolisme tubuh

Makan makanan berprotein tinggi dapat meningkatkan metabolisme melalui proses yang disebut efek termis makanan. Itu terjadi karena tubuh perlu menggunakan kalori ekstra untuk mencerna dan mengolah nutrisi dalam makanan.

Makan telur rebus membantu orang membakar lebih banyak kalori daripada makan karbohidrat atau lemak. Proses ini memberikan dorongan dalam metabolisme.

Setelah mengetahui sejumlah manfaat telur rebus, Anda bisa menyesuaikan opsi makanan ini dalam pola makan sehari-hari.

(agn)

[Gambas:Video CNN]