7 Obat Sakit Tenggorokan Alami untuk Dewasa – CNN Indonesia
By: Date: 22 Juli 2022 Categories: healthy tips,herbal,obat alami,obat tradisional,terapi,Tips Sehat

Jakarta, CNN Indonesia

Sakit tenggorokan merupakan penyakit akibat infeksi dengan gejala paling umum seperti nyeri, gatal, dan kering di tenggorokan.

Kondisi ini tentunya menimbulkan rasa tidak nyaman, sehingga penderitanya kerap mencari obat sakit tenggorokan, salah satunya dengan menggunakan bahan-bahan alami untuk meredakan gejalanya.


Selama tidak muncul tanda-tanda serius atau parah, sakit tenggorokan yang masih tergolong ringan bisa sembuh sendiri.

Normalnya sakit tenggorokan dapat membaik sekitar 5-10 hari asalkan Anda benar-benar menjaga asupan makanan serta istirahat cukup.

Penyebab Sakit Tenggorokan

Ilustrasi batukIlustrasi. Penyebab sakit tenggorokan bermacam-macam, mulai dari infeksi bakteri dan virus, hingga alergi. (iStock/klebercordeiro)

Sakit tenggorokan umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus streptococcus pyogenes. Penyebab lainnya bisa dipengaruhi oleh hal berikut:

  • Radang tenggorokan akibat infeksi bakteri streptococcus grup A yang memicu rasa sakit.
  • Sedang menderita flu atau pilek karena terpapar infeksi virus jenis lain.
  • Alergi udara, debu, serbuk sari, atau lainnya, yang bisa menyumbat hidung, mata berair, serta bersih, sehingga membuat iritasi tenggorokan sampai terasa sakit.
  • Terpapar asap rokok secara langsung, atau menghirup zat kimia tertentu.
  • Cedera di sekitar leher sehingga berdampak pada tenggorokan.
  • Menderita penyakit refluks gastroesofageal atau gerd, karena asam dari lambung harus kembali ke kerongkongan yang menyebabkan rasa sakit.
  • Menderita penyakit tumor tenggorokan.

Gejala Sakit Tenggorokan

Ilustrasi batukIlustrasi. Gejala sakit tenggorokan yang umumnya dirasakan oleh penderita. (iStock/Prostock-Studio)

Gejala yang timbul dapat bervariasi tergantung penyebabnya, sehingga cara mengobati sakit tenggorokan ini bisa berbeda-beda. Gejala paling umum yaitu:

  • Rasa gatal di tenggorokan.
  • Ada sensasi panas seperti terbakar.
  • Tenggorokan terasa kering seperti kurang minum.
  • Saat menelan makanan atau minuman terasa tajam.
  • Tenggorokan atau amandel mungkin terlihat lebih merah.
  • Sementara jika terkena radang tenggorokan biasanya muncul bercak-bercak putih pada amandel.

Obat Sakit Tenggorokan Alami

ilustrasi maduIlustrasi. Obat sakit tenggorokan alami untuk redakan gejalanya. (iStockphoto/Metkalova)

Selama kondisinya tidak terlalu parah, obat sakit tenggorokan bisa menggunakan perawatan herbal tanpa perlu ke dokter seperti berikut:

1. Minum madu

Seduhan air hangat yang dicampur madu serta perasan lemon dipercaya bisa meredakan sakit pada tenggorokan.

Kandungan utama madu dan lemon adalah antioksidan yang efektif mempercepat penyembuhan luka di tenggorokan.

2. Kumur air garam

Selain bermanfaat meredakan sariawan dan menghilangkan bau mulut, kumur dengan air garam juga dapat mengurangi sakit tenggorokan sekaligus membunuh bakteri di dalamnya, mengutip Healthline.

Anda cukup berkumur dengan campuran segelas air hangat dan 1/2 sendok teh garam di pagi hari dan sore hari secara rutin, sampai rasa sakit di tenggorokan menghilang.

3. Minum teh dan kayu manis

Tea or Chai tea on wooden board with spices as a cozy hot drinkIlustrasi. Teh hangat dan kayu manis dapat membantu menenangkan tenggorokan dan meredakan sakitnya (istockphoto/MEDITERRANEAN)

Perpaduan antara teh dan kayu manis yang diseduh air hangat bermanfaat dalam menenangkan tenggorokan.

Sama seperti lemon, teh memiliki kandungan antioksidan tinggi sedangkan kayu manis bersifat antibakteri bahkan sudah dipercaya sejak lama dalam pengobatan tradisional Tiongkok.

4. Menggunakan humidifier

Humidifier merupakan alat pelembap udara yang menyemprotkan uap air ke udara. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes aromaterapi supaya tubuh lebih rileks.

Selain efektif menjaga kelembapan udara, humidifier berfungsi dalam mengatasi iritasi akibat udara kering. Misalnya sakit tenggorokan, pilek, kulit kering, atau bibir pecah-pecah.

5. Banyak minum air putih hangat

Close-up of a woman's hand holding a cup of hot water, vintage tone.Ilustrasi. Air putih hangat bisa jadi salah satu obat sakit tenggorokan alami. (iStockphoto/kenzaza)

Menjaga tubuh dan tenggorokan tetap terhidrasi dengan banyak minum air dapat membantu mengatasi sakit tenggorokan. Apabila tidak cukup minum, tubuh akan kesulitan menghasilkan lendir untuk menjaga tenggorokan tetap terhidrasi.

Kondisi ini justru akan membuat peradangan di tenggorokan semakin parah. Air putih hangat adalah pilihan terbaik ketika sakit tenggorokan karena meningkatkan produksi air liur dan melumasi tenggorokan, mengutip Medical News Today.

Sementara waktu hindari makanan pedas, serta minuman manis dan berkafein yang justru bikin tenggorokan semakin kering.

6. Semprotan obat sakit tenggorokan

Alternatif lain untuk meredakan sakit tenggorokan yaitu bisa menggunakan obat semprotan ke mulut yang mengandung kombinasi echinacea dan daun sage.

Studi di European Journal of Medical Research menemukan, obat herbal ini bisa menenangkan dan meredakan sakit tenggorokan serta dijual bebas.

7. Konsumsi minyak kelapa

Menurut sebuah studi, minyak kelapa dapat menenangkan area inflamasi karena berperan dalam melumasi selaput lendir di tenggorokan.

Anda dapat mencoba konsumsi satu sendok teh minyak kelapa untuk diminum langsung atau dicampur bersama teh dengan seduhan air hangat.

Jika kondisinya semakin serius dan muncul gejala seperti rasa sakit tenggorokan parah, sulit menelan, demam tinggi, nyeri sendi, maka sebaiknya segera dirujuk ke dokter. Nantinya dokter akan melakukan skrining keseluruhan serta meresepkan obat khusus sesuai hasil diagnosis penyakit.

Apabila benar-benar istirahat, menjaga asupan makanan yang bernutrisi, dan mengonsumsi obat sakit tenggorokan alami secara teratur, Anda bisa cepat sembuh dalam waktu 7 hari.

Gif banner Allo Bank

(avd/fef)

[Gambas:Video CNN]