7 Obat Tradisional Batuk Pilek untuk Bayi 0-6 Bulan, Bunda Perlu Tahu – HaiBunda
By: Date: 15 Juli 2022 Categories: healthy tips,herbal,obat alami,obat tradisional,terapi,Tips Sehat

Jakarta

Batuk pilek bisa menjadi sangat mengganggu bagi anak-anak, terutama bayi usia 0-6 bulan. Tak bisa memberi obat tanpa resep dokter, yuk coba cari tahu pilihan obat tradisional rumahan yang bisa diterapkan.

Dikutip dari Web MD, perlu Bunda ketahui bahwa bayi memang masih sangat rentan sakit pada tahun pertama kehidupannya. Terutama akibat infeksi virus, termasuk batuk pilek. 

Alasannya, sistem imun bayi masih sangat lemah. Jika ia sudah sampai kena batuk pilek, efek lain biasanya juga akan mengganggu. Termasuk jadi rewel hingga sulit tidur nyenyak.



Penyebaran virus penyebab batuk pilek umumnya terjadi melalui udara, tepatnya dengan beterbangan atau menempel pada benda-benda di sekitar orang yang sedang sakit. Jika bayi melakukan kontak langsung di area tersebut, ia berisiko tertular batuk pilek.

Kondisi yang juga dikenal sebagai common cold ini seringkali disertai gejala lain seperti bersin-bersin, demam, nafsu makan/menyusu berkurang, dan hidung berair.

Obat tradisional batuk pilek untuk bayi 0-6 bulan

Dikutip dari Mayo Clinic, batuk pilek tanpa komplikasi pada bayi umumnya dapat hilang sendiri antara 10-14 hari. Namun, ada beberapa cara tradisional yang dapat diterapkan untuk membantu redakan gejala dan membuat bayi lebih nyaman:

1. Berikan ASI sesering mungkin

Pada bayi usia 0-6 bulan, ASI menjadi sumber nutrisi penting. Namun, selain itu, ASI juga bisa menjadi salah satu obat tradisional batuk pilek untuk bayi, lho.

Dengan menyusu, bayi juga akan mendapatkan rasa nyaman dari sentuhan kulit langsung dengan Bunda. Mencukupi kebutuhan minumnya melalui ASI pun bantu mengurangi risiko bayi mengalami dehidrasi.

Ilustrasi menyusuiIlustrasi memberikan ASI sesering mungkin bisa jadi obat tradisional batuk pilek untuk bayi 0-6 bulan. Foto: Getty Images/iStockphoto/maybefalse

2. Penggunaan humidifier

Dilansir Parenting First Cry, penggunaan humidifier dapat membantu meredakan batuk pilek bayi dengan cara melembapkan udara. Humidifier dapat digunakan di kamar bayi saat ia sudah tertidur. 

Kendati demikian, pastikan Bunda tidak lupa rutin membersihkan humidifier secara teratur, ya. Ini penting supaya alat tersebut tidak justru menjadi tempat berkembang biak jamur dan bakteri yang dapat mempengaruhi kesehatan Si Kecil.

3. Istirahat cukup

Istirahat dan tidur yang cukup juga menjadi salah satu obat alami batuk pilek bayi usia 0-6 bulan. Sebab pada dasarnya tubuh membutuhkan pasokan energi untuk melawan infeksi, sehingga bayi mudah lelah.

Namun, jika bayi justru rewel dan sulit tidur karena hidungnya tersumbat, berikan kenyamanan ekstra agar ia nyaman. Misalnya dengan menggendong atau mengusap-usapnya.

Baca obat tradisional batuk pilek untuk bayi 0-6 bulan lainnya di halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Tonton juga video kondisi anak yang membutuhkan obat penurun demam:

[Gambas:Video Haibunda]