8 Daftar RS Tipe A di Jakarta dengan Fasilitas dan Layanan Terbaik
By: Date: 27 Oktober 2023 Categories: rumah sakit

Rumah sakit (RS) tipe A di Jakarta merupakan salah satu bagian penting dalam sistem pelayanan kesehatan ibu kota. Dikenal memiliki fasilitas dan tenaga medis yang lengkap, rumah sakit tipe A dapat membantu mengatasi permasalahan kesehatan yang Anda alami. 

Melalui artikel ini, kami akan merekomendasikan beberapa rumah sakit tipe A terkemuka di Jakarta beserta fasilitas dan layanan yang mereka tawarkan dalam mendukung kesehatan masyarakat. 

Daftar rumah sakit (RS) tipe A di Jakarta 

Sebuah RS dapat dikategorikan sebagai tipe A bila telah memenuhi syarat tertentu.

Syarat ini dijelaskan dalam Permenkes RI No. 30 Tahun 2020 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit.

Menurut peraturan tersebut, rumah sakit umum tipe A setidaknya memiliki jumlah tempat tidur paling sedikit 250 buah, sedangkan rumah sakit khusus tipe A minimal 100 buah. 

Sebuah rumah sakit umum juga harus memberikan pelayanan kesehatan pada semua bidang dan jenis penyakit. 

Sementara rumah sakit khusus kelas A wajib memberikan pelayanan utama pada satu bidang atau jenis penyakit tertentu berdasarkan disiplin ilmu, golongan umur, organ, atau jenis penyakit. Misalnya ibu dan anak, mata, gigi dan mulut, serta kanker.

Berdasarkan persyaratan di atas, kami mengumpulkan beberapa rekomendasi rumah sakit atau RS di Jakarta yang memiliki tipe A. Berikut ini adalah beberapa daftarnya. 

1. Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati 

rumah sakit di bandung

Menjadi salah satu rekomendasi RS tipe A di Jakarta Selatan, RSUP Fatmawati memiliki beragam pelayanan dan perawatan terbaik.

Ini termasuk klinik tumbuh kembang, radioterapi, transplantasi organ, hingga pelayanan sentra vaksinasi umroh. 

Tidak hanya itu, salah satu rumah sakit pemerintah ini juga menjadi rujukan nasional untuk mengatasi berbagai kasus tulang belakang (spine center) dan endometriosis.

Mengutip dari American Pregnancy Association, endometriosis terjadi ketika lapisan endometrium rahim menempel pada organ lain di luar rahim. Kondisi ini menjadi penyebab utama infertilitas pada wanita. 

2. RSPAD Gatot Soebroto

Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto adalah salah satu rumah sakit militer terkemuka di Indonesia, tepatnya di Jakarta Pusat.

RS tipe A ini dilengkapi dengan fasilitas modern dan peralatan medis terkini untuk memberikan perawatan yang berkualitas. 

Beberapa layanan medis unggulan dari RSPAD Gatot Subroto adalah endoskopi, aritmia, fertilitas, dan laparoskopi.

Untuk mendukung layanan ini pun, RSPAD Gatot Subroto memiliki layanan IGD 24 jam dan laboratorium. 

[summary title=”Tahukah Anda? “]

Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto menjadi salah satu rumah sakit di Indonesia yang sudah terakreditasi dari JCI (Joint Commission International) dan KARS Paripurna. 

[/summary]

3. Rumah Sakit Bhayangkara TK. I R. Said Sukanto

Terletak di Jakarta Timur, Rumah Sakit Bhayangkara Tk. I R. Said Sukanto juga berstatus sebagai RS tipe A yang telah melayani masyarakat sejak tahun 2010.

Memiliki ragam dokter spesialis di berbagai bidang, RS ini selalu memberikan pelayanan terbaik untuk pasien dalam mengatasi kesehatannya. 

Salah satu layanan unggulan yang dimiliki rumah sakit milik Polri ini adalah bedah ortopedi minimal invasif.

Selain itu, rumah sakit ini juga memberikan pelayanan rawat jalan, seperti poliklinik spesialis penyakit dalam, bedah plastik, bedah anak, saraf, hingga paru-paru. 

4. RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM)

Daftar RS tipe A di Jakarta yang selanjutnya adalah Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) Dr. Cipto Mangunkusumo.

Rumah sakit milik pemerintah ini menerima pasien umum, pasien asuransi swasta, hingga pasien BPJS kesehatan

Rumah sakit yang terletak di Jakarta Pusat ini memiliki beberapa layanan unggulan, seperti transplantasi ginjal, stem cells, hingga pelayanan jantung terpadu.

RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo juga memiliki lebih dari 25 poliklinik dengan 614 dokter spesialis. 

5. RSUP Persahabatan

rumah sakit karawang

Daftar RS tipe A di Jakarta yang tidak kalah memiliki layanan unggulan adalah Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan.

RS ini juga telah terakreditasi KARS dengan tingkat kelulusan bintang 5. 

RSUP Persahabatan memiliki instalasi pelayanan eksekutif yang terdiri dari beberapa poliklinik, seperti gizi, geriatri, dan osteopati.

RS ini juga memiliki layanan unggulan lainnya, seperti klinik gangguan tidur (sleep lab), kateterisasi jantung, dan klinik berhenti merokok. 

6. RSKGM FKG Universitas Indonesia

Mencari rumah sakit khusus gigi dan mulut di Jakarta? Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut (RSKGM) FKG Universitas Indonesia bisa menjadi pilihannya.

Rumah sakit khusus ini memberikan pelayanan perawatan gigi dan kelainan rongga mulut pada pasien dengan penyakit yang dapat menular melalui udara (airborne). 

Sebagai RS gigi dan mulut tipe A di Jakarta, rumah sakit ini memiliki dokter spesialis gigi anak hingga konservasi gigi.

Tidak hanya itu, rumah sakit ini juga menyediakan klinik pendidikan atau program pendayagunaan dokter gigi spesialis. 

https://hellosehat.com/sehat/rumah-sakit/jenis-jenis-dokter-spesialis/

7. Rumah Sakit Kanker Dharmais

Rumah Sakit Kanker Dharmais adalah salah satu RS unggulan yang memiliki perawatan khusus dalam diagnosis dan perawatan penyakit kanker.

RS tipe A yang berlokasi di Jakarta Barat ini memiliki tim medis yang terampil dalam perawatan berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara dan kanker serviks. 

Tidak hanya itu, rumah sakit kanker ini memberikan layanan unggulan terkait penanganan kanker, seperti deteksi dini kanker, stem cell transplantation, hingga cancer wound care

8. Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita 

Daftar RS tipe A di Jakarta yang terakhir adalah Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita.

RS ini memiliki layanan klinik bayi tabung bagi pasangan suami-istri yang ingin menjalani program kehamilan. 

RSAB Harapan Kita juga memiliki beberapa layanan unggulan bernama Birth Defects Integrated atau Pusat Deteksi Dini dan Tata Laksana Kelainan Bawaan Lahir.

Tidak hanya itu, RS ini juga memiliki spesialisasi lainnya, salah satunya adalah konseling kesehatan mental.  

Itulah beberapa rumah sakit tipe A di Jakarta dengan fasilitas terbaiknya. Beberapa daftar ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang membutuhkan pelayanan kesehatan dengan kualitas yang terbaik.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

https://wp.hellosehat.com/sehat/rumah-sakit/rs-tipe-a-di-jakarta/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=rss