8 Makanan Penambah Energi, Salah Satunya Popcorn Lho
By: Date: 30 Maret 2021 Categories: Uncategorized

ENERGI sangat dibutuhkan setiap orang untuk bisa menjalankan aktivitas sehari-hari. Energi bisa didapat dari berbagai hal, misalnya jenis dan jumlah makanan yang dikonsumsi.

Meski semua makanan memberikan tenaga, ternyata ada beberapa yang membantu meningkatkan energi dan menjaga fokus sepanjang hari.

Apa saja makanan penambah energi itu? Berikut daftar lengkapnya, seperti dilansir laman Healthline.

Baca juga:  

1. Pisang

Pisang mungkin salah satu makanan terbaik untuk menambah energi. Pisang merupakan sumber karbohidrat kompleks, kalium, dan vitamin B6 yang sangat baik. Semua itu bisa membantu meningkatkan energi tubuh.

2. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon dan tuna adalah sumber protein, asam lemak, dan vitamin B yang baik. Ini menjadikannya makanan yang bagus untuk disertakan dalam menu makanan.

Satu porsi salmon atau tuna memberi jumlah harian asam lemak omega-3 dan vitamin B12 yang direkomendasikan.

Asam lemak omega-3 telah terbukti mengurangi peradangan, yang merupakan penyebab umum kelelahan.

Beberapa penelitian menetapkan bahwa mengonsumsi suplemen omega-3 dapat mengurangi kelelahan, terutama pada pasien kanker dan mereka yang baru pulih dari kanker.

Selain itu, vitamin B12 bekerja dengan folat untuk menghasilkan sel darah merah dan membantu zat besi bekerja lebih baik di tubuh. Kadar sel darah merah dan zat besi yang optimal dapat mengurangi kelelahan dan meningkatkan energi.

Ikan salmon. (Foto: Topntp26/Freepik)

3. Ubi jalar

Selain enak, ubi jalar adalah sumber energi bergizi bagi mereka yang mencari dorongan ekstra. Satu porsi ubi jalar atau 100 gram dapat mengemas hingga 25 gram karbohidrat kompleks; 3,1 gram serat; 25 persen dari RDI untuk mangan; dan 56,4 persen dari RDI untuk vitamin.

Kandungan serat dan karbohidrat komplek membuat tubuh lebih lambat mencerna ubi jalar sehingga dapat memberi pasokan energi yang stabil.

Baca juga: Catat, 9 Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dikonsumsi ketika Perut Kosong 

4. Telur

Telur bukan hanya makanan yang mengenyangkan, tetapi juga penuh energi yang dapat membantu menjalankan aktivitas. Telur dikemas dengan protein yang dapat memberi tubuh energi stabil dan berkelanjutan. Selain itu, leusin adalah asam amino paling melimpah dalam telur, dan diketahui dapat merangsang produksi energi dalam beberapa cara.

Leusin dapat membantu sel mengambil lebih banyak gula darah, merangsang produksi energi dalam sel, dan meningkatkan pemecahan lemak untuk menghasilkan energi. Apalagi telur kaya vitamin B. Vitamin ini membantu enzim menjalankan perannya dalam proses memecah makanan untuk energi.

Let’s block ads! (Why?)