8 Obat Asam Urat Alami, Efektif dan Ampuh – detikcom
By: Date: 14 Juli 2022 Categories: healthy tips,herbal,obat alami,obat tradisional,terapi,Tips Sehat

Bandung

Konsumsi zat purin secara berlebihan bisa mengakibatkan penyakit asam urat. Purin adalah senyawa dalam DNA yang dapat dimetabolisasi menjadi asam urat. Makanan yang mengandung zat purin seperti hati, ampela, paru, usus, kepiting, kerang, udang, cumi dan daging merah.

Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan dikeluarkan melalui urine. Namun, pada kondisi tertentu, asam urat juga bisa menumpuk akibat tubuh menghasilkan asam urat dalam jumlah tinggi atau mengalami gangguan.

Asam urat yang menumpuk di persendian menyebabkan peradangan dan rasa sakit. Gejala asam urat umumnya nyeri sendi dan bengkak. Pusat nyeri di sendi kaki ditandai dengan warna merah.



Selain obat medis, beberapa obat asam urat alami juga bisa membantu mengatasi asam urat.

Berikut ini obat asam urat alami yang bisa kamu coba. Namun, jika menggunakan obat alami ini tak kunjung membaik, sebaiknya datang ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Dirangkum dari berbagai sumber, ini 8 obat asam urat alami

1. Daun Sirsak

Kandungan yang ada di dalam daun sirsak terdapat Vitamin C dan vitamin A dengan kandungan yang cukup tinggi, sehingga dapat mengeluarkan racun yang ada pada tubuh. Caranya dengan merebus daun sirsak, lalu setelah dingin diminum secara rutin setiap hari.

2. Ceri

Menurut survei tahun 2016, mengkonsumsi buah ceri asam, manis, merah, hitam, dalam bentuk ekstrak, sebagai jus, atau mentah, adalah obat asam urat alami yang sangat populer dan berpotensi berhasil.

Bahkan studi lain pada tahun 2012 juga menyarankan untuk mengkonsumsi ceri lantaran bisa mencegah serangan asam urat. Studi ini merekomendasikan mengkonsumsi tiga porsi ceri selama dua hari untuk mendapatkan hasil yang efektif.

3. Jahe

Jahe merupakan obat asam urat alami yang mudah sekali ditemukan. Selain untuk penyedap rasa, jahe juga bagus untuk mengontrol asam urat.

Caranya, didihkan air dan sediakan 2 sendok teh jahe, lalu tunggu selama 10 menit hingga tercampur rata. Konsumsi 3 gelas minuman jahe per hari agar mendapatkan hasil yang optimal.

Apabila tidak ingin dijadikan minuman, jahe juga bisa langsung ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit. Caranya, tempelkan jahe dengan air hangat, dan tunggu selama 15 hingga 30 menit.

4. Seledri

Seledri merupakan makanan tradisional yang digunakan untuk masalah kemih dan asam urat. Ekstrak dan biji dari seledri telah menjadi pengobatan rumahan yang populer.

Meskipun masih sedikit penelitian ilmiah, namun seledri diyakini dapat mengurangi peradangan akibat asam urat. Cobalah mengkonsumsi seledri berkali-kali dalam sehari, termasuk batang seledri mentah, jus, ekstrak, atau biji-bijian.

5. Bunga Rosela

Untuk meredkan nyeri sendi yang disebabakn asam urat, Anda juga bisa memanfaatkan bunga Rosela sebagai obat tradisional. Obat Rosella mengandung banyak zat penting yang sangat dibutuhkan tubuh diantaranya seperti protein esensial, dan vitamin C. Selain itu bunga ini juga mengandung asam amino arginina dan legnin yang cukup berguna sebagai peremajaan pada sel tubuh. cara membuatnya cukup mudah dan bisa dibuat dirumah

6. Teh Jelatang

Tumbuhan jelatang telah dipercaya sebagai obat asam urat alami untuk meredakan peradangan dan rasa sakit akibat asam urat. Untuk mencobanya, bisa dibuat sebagai minuman hangat dengan merebus 1 hingga 2 sendok teh jelatang kering per cangkir, serta diminum hingga 3 gelas per hari.

7. Minum Banyak Air

Ketika seseorang mengidap asam urat, biasanya dapat mengalami pembengkakan dan peradangan yang signifikan. Salah satu obat asam urat alami untuk mengurangi gejala adalah minum banyak air.

Meningkatkan konsumsi cairan bisa membuat ginjal untuk melepaskan kelebihan cairan, sehingga mengurangi pembengkakan pada pengidap asam urat.

8. Kompres Es

Menerapkan kompres es bisa dijadikan sebagai obat asam urat alami. Pasalnya, cara ini dapat membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh asam urat.

Cobalah mengoleskan kompres es atau benda dingin lainnya yang dibungkus dengan handuk tipis selama 20-30 menit untuk meredakan rasa sakit akibat asam urat.

Simak Video “Dokter: Gejala Penyakit Pasca-Lebaran Biasanya Tidak Spesifik
[Gambas:Video 20detik]
(tey/tey)