9 Daftar Rumah Sakit di Samarinda dengan Fasilitas Terbaik
By: Date: 13 November 2023 Categories: rumah sakit

Apabila Anda tinggal atau sedang berkunjung ke Samarinda, penting untuk mengetahui rumah sakit terbaik yang bisa jadi pilihan saat Anda membutuhkan perawatan kesehatan. Berikut ini adalah rekomendasi rumah sakit terbaik di Samarinda yang bisa Anda kunjungi.

Pilihan rumah sakit terbaik di Samarinda dan sekitarnya

Sebagai Ibu Kota Provinsi Kalimantan Timur, Samarinda merupakan salah satu pusat ekonomi dan bisnis yang berkembang pesat di kawasan Kalimantan.

Tidak heran bila infrastruktur Samarinda mengalami perkembangan yang signifikan, khususnya dalam bidang pelayanan kesehatan.

Samarinda juga memiliki sejumlah rumah sakit atau RS yang mengutamakan pelayanan, kenyamanan, serta kelengkapan fasilitas medis dan dokter spesialis. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. RS Dirgahayu Samarinda

ureteroskopi

Berawal dari sebuah poliklinik kecil pada tahun 1923, Rumah Sakit Dirgahayu Samarinda sudah berkembang menjadi salah satu rumah sakit swasta terbaik di Kota Samarinda.

Rumah sakit bertipe C ini punya beberapa fasilitas, seperti poliklinik rawat jalan, ruangan rawat inap, laboratorium, radiologi, CT scan, dan ultrasonografi (USG).

Layanan unggulan lain dari RS Dirgahayu Samarinda yakni terapi ESWL (extracorporeal shock wave lithotripsy) untuk mendukung penyembuhan pasien batu ginjal dan saluran kemih.

Alamat: Jl. Gunung Merbabu No.62, Jawa, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75243

Nomor telepon: (0541) 742161

2. RSUD Inche Abdoel Moeis

Rumah Sakit Umum Daerah Inche Abdoel Moeis merupakan rumah sakit milik Pemerintah Kota Samarinda yang menyediakan layanan unggulan dengan fasilitas terbaik.

RSUD Inche Abdoel Moeis yang bertipe C ini memiliki 134 kamar tidur dan poliklinik rawat jalan yang lengkap, seperti penyakit dalam, orthopedi, OBGYN, anak, mata, dan THT.

Untuk mempermudah pendaftaran rawat jalan, Anda bisa menghubungi WhatsApp Halo Moeis (0811-5002-411) dengan melampirkan nomor identitas dan poliklinik yang hendak dituju.

Alamat: Jl. H. A. M. Rifaddin No.1, Harapan Baru, Kec. Loa Janan Ilir, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75251

Nomor telepon: (0541) 7268960

3. RSU Hermina Samarinda

Sebagai salah satu jaringan rumah sakit terbesar di Indonesia, Hermina Hospitals juga memiliki cabang di Kota Samarinda yang mulai beroperasi sejak 2018 silam.

Rumah Sakit Umum Hermina Samarinda merupakan rumah sakit bertipe C dengan 135 tempat tidur, termasuk 9 kamar kelas VVIP dan 11 kamar kelas VIP.

Sejumlah fasilitas unggulan dari RSU Hermina Samarinda di antaranya klinik tumbuh-kembang anak, unit perawatan intensif anak (PICU), dan unit perawatan intensif neonatal (NICU).

Alamat: Jl. Teuku Umar Kelurahan No.RT 34, Karang Asam Ilir, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75126

Nomor telepon: (0541) 2090707

https://hellosehat.com/sehat/rumah-sakit/nicu-dan-picu/

4. RSIA Aisyiyah Samarinda

Rumah Sakit Ibu dan Anak Aisyiyah Samarinda adalah rumah sakit swasta di bawah naungan Muhammadiyah yang didirikan pada tahun 1967.

Sesuai dengan namanya, rumah sakit ini menyediakan pelayanan kesehatan ibu dan anak, di antaranya poliklinik OBGYN, klinik tumbuh-kembang anak, hingga keluarga berencana (KB).

RS bertipe C di Samarinda ini mempunyai 37 tempat tidur dengan fasilitas pendukung, seperti instalasi gawat darurat (IGD) dan ambulans 24 jam.

Alamat: Jl. Pangeran Hidayatullah No.64, Pelabuhan, Kec. Samarinda Kota, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75112

Nomor telepon: (0541) 734533

5. RSUD Abdul Wahab Sjahranie

Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Sjahranie adalah rumah sakit pemerintah yang menjadi rujukan tertinggi di wilayah Kalimantan Timur.

Sebagai rumah sakit bertipe A, RSUD Abdul Wahab Sjahranie memiliki 486 tempat tidur, dengan lebih dari 200 tempat tidur kelas III untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat.

RSUD Abdul Wahab Sjahranie juga menjadi salah satu rumah sakit yang mempunyai instalasi kedokteran nuklir untuk mendiagnosis dan mengobati penyakit menggunakan radioaktif.

Alamat: Jl. Palang Merah No.1, Sidodadi, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75123

Nomor telepon: (0541) 738118

6. RS Samarinda Medika Citra

rawat inap

Rumah Sakit Samarinda Medika Citra adalah rumah sakit swasta bertipe C yang telah melayani masyarakat Kota Samarinda dan sekitarnya selama lebih dari 10 tahun.

Untuk Anda yang membutuhkan layanan kesehatan spesifik, RS Samarinda Medika Citra memiliki 13 poliklinik spesialis, seperti penyakit dalam, anak, OBGYN, saraf, hingga kejiwaan.

Selain itu, rumah sakit yang menerima BPJS Kesehatan ini juga mempunyai layanan penunjang medis, seperti laboratorium, radiologi, fisioterapi, endoskopi, dan hemodialisis.

Alamat: Jl. Kadrie Oening No.85, RT.35, Air Putih, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75124

Nomor telepon: (0541)7273000

7. RS Haji Darjad Samarinda

Berada dekat pusat kota, Rumah Sakit Haji Darjad Samarinda menawarkan layanan kesehatan yang terjangkau dengan fasilitas medis dan dokter spesialis terbaik.

RS Haji Darjad Samarinda memiliki 10 dokter spesialis, yang terdiri dari spesialis penyakit dalam, anak, mata, kulit dan kelamin, jantung, gigi, bedah umum, dan bedah saraf.

Dengan kapasitas 169 tempat tidur, rumah sakit swasta bertipe C ini dapat melayani kebutuhan kesehatan untuk masyarakat sekitar.

Alamat: Jl. Dahlia No.4, Bugis, Kec. Samarinda Kota, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75242

Nomor telepon: (0541) 732698

https://hellosehat.com/sehat/rumah-sakit/jenis-jenis-dokter-spesialis/

8. RS Siaga Al Munawwarah Samarinda

Meski bertipe C, Rumah Sakit Siaga Al Munawwarah Samarinda menyediakan poliklinik rawat jalan dan fasilitas penunjang medis yang lengkap.

RS swasta terbaik di Samarinda ini mampu memberikan pelayanan umum hingga spesialis, di antaranya penyakit dalam, OBGYN, mata, paru, jantung, dan ortopedi.

Selain itu, RS Siaga Al Munawwarah Samarinda juga punya fasilitas pendukung, seperti klinik fertilitas, endoskopi, apotek, instalasi gawat darurat (IGD), dan ambulans 24 jam.

Alamat: Jl. Ramania No.3, Sidodadi, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75124

Nomor telepon: (0541) 739772

9. RSJD Atma Husada Mahakam

Mengambil nama sungai besar yang melintasi Kota Samarinda, Rumah Sakit Jiwa Daerah Atma Husada Mahakam mempunyai dokter spesialis untuk menangani masalah kejiwaan.

RSJD Atma Husada Mahakam menyediakan layanan berdasarkan usia pasien, meliputi psikiatri dewasa, psikiatri anak dan remaja, hingga psikiatri lansia.

Tidak hanya itu, rumah sakit pemerintah ini juga menawarkan layanan medical check up (MCU) dan tes narkoba yang akurat, baik untuk keperluan pendidikan atau pekerjaan.

Alamat: Jl. Kakap, Sungai Dama, Kec. Samarinda Ilir, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75115

Nomor telepon: (0541) 743364

Demikian rekomendasi rumah sakit terbaik di Kota Samarinda. Anda dapat memilih berkunjung ke salah satu rumah sakit di atas sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

https://wp.hellosehat.com/sehat/rumah-sakit/rumah-sakit-samarinda/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=rss