9 Rekomendasi Rumah Sakit di Magelang dan Sekitarnya
By: Date: 30 Oktober 2023 Categories: rumah sakit

Kesehatan merupakan aspek penting dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu, penting untuk memiliki akses ke fasilitas kesehatan yang berkualitas. Simak rekomendasi rumah sakit atau RS terbaik di Magelang dan sekitarnya yang bisa Anda kunjungi berikut ini.

Pilihan rumah sakit terbaik di Magelang dan sekitarnya

Kabupaten Magelang di Provinsi Jawa Tengah menjadi tujuan wisata populer sebab berdekatan dengan salah satu situs warisan dunia, yakni Candi Borobudur.

Tak ayal, keberadaan rumah sakit amat berperan penting untuk memberikan layanan kesehatan kepada penduduk maupun wisatawan yang mendatangi Magelang dan sekitarnya.

Berikut ini adalah beberapa daftar rumah sakit terbaik di Magelang dengan layanan dan fasilitas medis yang mumpuni.

1. RSUD Tidar Kota Magelang

rs magelang

Rumah Sakit Umum Tidar Kota Magelang yang diresmikan sejak 1932 merupakan rumah sakit umum tipe B yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Magelang.

Sebagai rumah sakit tertua di Kota Magelang, RSUD Tidar punya jajaran dokter spesialis yang lengkap, seperti paru, jantung, penyakit dalam, OBGYN, kulit dan kelamin, hingga jiwa.

Rumah sakit ini memiliki kapasitas 405 tempat tidur, dengan 2 tempat tidur kelas VVIP serta 24 tempat tidur kelas VIP, untuk memberikan pelayanan prima kepada pasien.

Alamat: Jl. Tidar No. 30A, Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah 56125

Nomor telepon: (0293) 362463

2. RSUD Merah Putih Kabupaten Magelang

Rumah Sakit Umum Daerah Merah Putih Kabupaten Magelang memiliki lokasi cukup strategis, yakni berada di jalan raya penghubung Magelang dan Yogyakarta.

Didirikan sejak tahun 2017, rumah sakit tipe C milik Pemerintah Kabupaten Magelang ini punya layanan unggulan, yakni klinik jantung dan pembuluh darah serta klinik urologi.

Guna memberikan layanan terbaik, RSUD Merah Putih Kabupaten Magelang menyediakan 199 tempat tidur, instalasi gawat darurat (IGD), ruang bedah sentral, radiologi, dan laboratorium.

Alamat: Jl. Magelang – Yogyakarta KM 5, Japunan, Danurejo, Kec. Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56172

Nomor telepon: (0293) 3202654

3. RSUD Muntilan

Karena letaknya yang berbatasan dengan Yogyakarta, Rumah Sakit Umum Muntilan melayani pasien dari dalam dan luar daerah dengan dukungan dokter spesialis terbaik.

RSUD Muntilan memiliki layanan unggulan, yaitu klinik ortopedi dan klinik psikologi. Selain itu, ada pula poliklinik OBGYN, bedah, penyakit dalam, saraf, THT, dan mata.

Rumah sakit tipe C yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Magelang ini memiliki 182 tempat tidur serta sarana penunjang, meliputi radiologi, laboratorium, IGD, dan ambulans 24 jam.

Alamat: Jl. Kartini No. 13, Balemulyo, Muntilan, Kec. Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56411

Nomor telepon: (0293) 587004

https://hellosehat.com/sehat/rumah-sakit/ruangan-rumah-sakit/

4. RST dr. Soedjono Magelang

Tak hanya melayani pasien dari dinas militer TNI, Rumah Sakit Tentara dr. Soedjono Magelang juga memberikan pelayanan kesehatan yang prima untuk masyarakat umum.

RST dr. Soedjono Magelang menyediakan layanan pendaftaran online melalui aplikasi RST Go yang memudahkan pasien dalam memilih layanan yang diinginkan.

Rumah sakit ini didukung oleh lebih dari 30 dokter spesialis dan subspesialis. Sejumlah fasilitas penunjang, seperti medical check up (MCU) dan CT-scan, juga tersedia di rumah sakit ini.

Alamat: Jl. Urip Sumoharjo No. 48, Wates, Kec. Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56113

Nomor telepon: (0293) 362813

5. Rumah Sakit Harapan

Rumah Sakit Harapan atau Harapan Hospital merupakan salah satu RS swasta terbaik di Kota Magelang yang dapat Anda kunjungi.

Beberapa layanan unggulan dari rumah sakit swasta tipe C ini meliputi poliklinik anak, penyakit dalam, paru, jantung, mata, ortopedi, saraf, kulit dan kelamin, serta kesehatan jiwa. 

Selain itu, RS Harapan Magelang juga memiliki layanan home care yang melayani pengambilan sampel laboratorium dan perawatan pasien di rumah.

Alamat: Jl. Panembahan Senopati No. 11, Jurangombo Utara, Kec. Magelang Selatan, Kota Magelang, Jawa Tengah 56123

Nomor telepon: (0293) 364034

6. RSIA Gladiool

perbedaan bidan dan dokter kandungan

Berdiri sejak 1980, Rumah Sakit Ibu dan Anak Gladiool memberikan layanan kesehatan yang bermutu tinggi untuk masyarakat Magelang dan sekitarnya.

Salah satu layanan unggulan dari RS terbaik di Kota Magelang ini adalah Gladiool IVF (GIVF).

Klinik bayi tabung ini mengombinasikan mild stimulation, intracytoplasmic sperm injection, dan single embryo transfer untuk membantu pasangan yang memiliki masalah kesuburan.

Selain itu, RSIA Gladiool juga memiliki layanan pendukung kehamilan dan persalinan, seperti yoga prenatal, USG 3D dan 4D, serta persalinan ERACS.

Alamat: Jl. Kenanga No.2, RW.6, Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah 56122

Nomor telepon: (0293) 362702

7. RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang

Tak hanya masalah kesehatan jiwa, Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo Magelang juga mampu memberikan pelayanan umum untuk berbagai masalah kesehatan.

Beberapa layanan unggulan dari rumah sakit yang juga disebut sebagai Soerojo Hospital ini di antaranya kesehatan anak, ortopedi, urologi, paru, serta jantung dan pembuluh darah.

Rumah sakit tipe A milik Kementerian Kesehatan ini juga memiliki layanan pendukung, meliputi instalasi gawat darurat, ambulans 24 jam, laboratorium, radiologi, dan farmasi.

Alamat: Jl. Ahmad Yani No. 169, Kramat Utara, Kec. Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56115

Nomor telepon: (0293) 363601

https://hellosehat.com/sehat/rumah-sakit/daftar-rumah-sakit-pemerintah/

8. RSU Syubbanul Wathon

Rumah Sakit Umum Syubbanul Wathon adalah RS di Kabupaten Magelang yang tergabung dalam jaringan rumah sakit terbesar di Indonesia, yakni Siloam Hospital Group.

Selain itu, rumah sakit swasta ini juga dibangun atas kerja sama kemitraan antara Lippo Group, Yayasan Syubbanul Wathon, dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama.

Dengan kapasitas 131 tempat tidur, rumah sakit tipe C ini menyediakan berbagai layanan medis seperti OBGYN, kesehatan anak, penyakit dalam, dan bedah umum.

Alamat: Jl. Magelang – Kopeng KM 8, Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56192

Nomor telepon: (0293) 2911900 

9. RS Aisyiyah Muntilan

Untuk Anda yang berdomisili di Muntilan dan sekitarnya, Rumah Sakit Aisyiyah Muntilan dapat memberikan pelayanan terbaik untuk peserta BPJS Kesehatan.

Rumah sakit tipe D ini mempunyai 115 tempat tidur, dengan 10 di antaranya adalah ruang VIP.

RS Aisyiyah Muntilan menyediakan fasilitas layanan kesehatan lengkap, mulai dari klinik rawat jalan, rawat inap, instalasi gawat darurat (IGD), dan ambulans 24 jam.

Alamat: Jl. K.H. Ahmad Dahlan No. 24, Kenalan, Pucungrejo, Kec. Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56414

Nomor telepon: (0293) 5891234

Itulah beberapa rekomendasi rumah sakit di Magelang dan sekitarnya yang bisa Anda kunjungi.

Untuk informasi lebih lanjut mengetahui layanan dan fasilitas yang tersedia, Anda bisa bertanya langsung dengan pihak rumah sakit sebelum melakukan kunjungan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

https://wp.hellosehat.com/sehat/rumah-sakit/rumah-sakit-magelang/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=rss