CEK FAKTA: Balita Selamat Setelah Tertimbun Abu Vulkanik Semeru Berhari-hari, Benarkah? – Suara.com
By: Date: 31 Desember 2021 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Suara.com – Beredar video bayi di bawah lima tahun atau balita yang selamat meskipun telah tertimbun abu vulkanik erupsi Gunung Semeru selama berhari-hari.

Narasi ini dibagikan oleh akun Facebook bernama Gayoh Lintang pada 17 Desember 2021. Akun ini mengunggah video yang memperlihatkan potret bayi, di mana tubuhnya dipenuhi dengan lumpur.

Dalam narasinya, balita itu disebut merupakan korban letusan Gunung Semeru. Sang balita diungkapkan selamat setelah tertimbun abu vulkanik selama berhari-hari.

Adapun narasi yang dibagikan sebagai berikut:

Baca Juga: Hindari Hal Ini Usai Melakukan Transfer Embrio

Balita ini selamat walau sudah berhari-hari tertimbun abu vulkanik Semeru.

CEK FAKTA Balita Selamat Setelah Tertimbun Abu Vulkanik Semeru Berhari-hari. (Turnbackhoax.id)
CEK FAKTA Balita Selamat Setelah Tertimbun Abu Vulkanik Semeru Berhari-hari. (Turnbackhoax.id)

Lantas benarkah klaim tersebut?

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id — jaringan Suara.com, narasi balita yang selamat meskipun telah tertimbun abu vulkanik erupsi Gunung Semeru selama berhari-hari tidak benar.

Faktanya, balita itu bukanlah korban erupsi Gunung Semeru tahun 2021. Bocah yang berlumuran lumpur itu terseret likuefaksi pascagempa di Jono Oge, Desa Langaleso, Palu pada tahun 2018.

Baca Juga: Viral Bayi Jadi ‘Korban’ Layangan Putus Ibunya, Reaksinya Disorot: Trauma Sejak Dini

Diketahui potongan gambar yang identik dalam video tersebut telah dimuat di artikel Merdeka.com. Artikel ini berjudul “Fakta viral video perempuan dan bayi selamat usai tertimbun lumpur di Palu” yang diunggah pada 19 Oktober 2018.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].