Agar Tak Ganggu Tumbuh Kembang Si Kecil, Bidan Punya Peran Penting Edukasi Ibu Soal Kesehatan Kulit Bayi dan Balita
By: Date: 19 Desember 2023 Categories: Kesehatan Kulit

Suara.com – Prevalensi ruam popok secara global diperkirakan antara 16-65%. Insidensi yang dilaporkan paling tinggi terjadi pada bayi di usia 9-12 bulan. Tak bisa dianggap kecil, kondisi ini bisa sangat mempengaruhi tumbuh kembang si Kecil.

Terutama adalah perkembangan motorik si Kecil. Karena itu, disebutkan Dr. dr. Tubagus Rachmat Sentika Hasan, Sp.A, MARS kesehatan kulit anak menjadi salah satu hal yang juga perlu mendapatkan perhatian besar. 

“Terkait kelainan kulit, alergi adalah salah satu yang ada yang perlu dicermati. Ini berkaitan dengan kontak berbagai barang, alat, obat oles serta jenis makanan. Kulit bayi atau balita sangat rentan dengan iritasi dan alergi yang dapat menghambat tumbuh kembangnya,” kata dia memperingatkan berdasarkan siaran pers yang Suara.com terima belum lama ini.

Tidak hanya itu, lanjut dr. Tubagus, kulit juga merupakan organ terbesar di tubuh manusia sehingga sangat perlu dijaga. Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit bayi yang dapat dilalukan orangtua, selain menjaga kebersihan kulit, yaitu dengan memilih popok bayi yang tepat. 

Popok bayi yang tepat tentunya dapat menghindarkan buah hati dari ruam, iritasi dan alergi yang sering kali muncul karena penggunaannya yang cukup sering dalam keseharian.

Memiliki peran yang penting terhadap pelayanan kesehatan di Indonesia, Bidan Bidan diharapkan dapat mengedukasi para Ibu hamil terkait dengan pentingnya kesehatan kulit bayi yang sangat berpengaruh dalam tumbuh kembang. 

Untuk itu, Merries melalui salah satu lini produknya nya Merries Good Skin bersama dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) berkolaborasi untuk mengedukasi 200 Bidan di Jabodetabek terkait kesehatan kulit bayi.

Dibawakan oleh dr. Tubagus sebagai narasumber, 200 Bidan dibekali dengan berbagai pengetahuan terkait cara mencegah alergi dan pentingnya kesehatan kulit bayi untuk selanjutnya dapat secara mandiri mengedukasi para Ibu hamil dan Ibu dengan bayi pada lokasi praktek masing-masing hingga akhir Januari 2023.

Popok ini sendiri telah teruji klinis oleh Perdoski (Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia). Dengan kandungan Witch Hazel-nya Merries Good Skin mampu mengurangi resiko alergi dan iritasi pada kulit bayi. 

https://www.suara.com/health/2023/12/19/201500/agar-tak-ganggu-tumbuh-kembang-si-kecil-bidan-punya-peran-penting-edukasi-ibu-soal-kesehatan-kulit-bayi-dan-balita