Amankah Ibu Hamil Makan Hati Ayam? Cek Penjelasannya di Sini
By: Date: 8 Januari 2024 Categories: ibu dan anak,Kehamilan dan Janin

Hati ayam disebut-sebut menjadi makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Namun sebenarnya amankah ibu hamil makan hati ayam? Simak jawabannya dalam ulasan berikut.

Amankah Ibu Hamil Makan Hati Ayam? Cek Penjelasannya di Sini

Bolehkah Ibu Hamil Makan Hati Ayam?

Pada dasarnya, ibu hamil tidak dilarang untuk makan hati ayam. Pasalnya, makanan yang satu ini merupakan sumber nutrisi yang baik untuk ibu dan janin.

Hanya saja, vitamin A berbentuk retinol yang terkandung di dalamnya berpotensi menyebabkan keguguran dan cacat lahir pada bayi, terutama pada trimester awal kehamilan.

Kandungan vitamin A yang bersumber dari hewani—misalnya hati sapi—sangat banyak, bahkan mencapai tujuh kali lipat asupan yang direkomendasikan bagi ibu hamil. Jadi, sebaiknya Anda membatasi konsumsinya.

Alternatifnya, ibu hamil dapat memenuhi kebutuhan vitamin ini dari makanan yang mengandung beta-karoten, seperti buah dan sayur.

Terlalu banyak konsumsi vitamin A bisa membuatnya menumpuk di dalam tubuh. Jumlah yang berlebihan ini tidak dibuang dari tubuh, melainkan disimpan di dalam jaringan lemak dan hati.

Selain mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A secara berlebihan, ibu hamil juga tidak dianjurkan untuk menggunakan produk yang mengandung retinol. Retinol dapat terserap ke dalam aliran darah dan memicu keracunan vitamin A.

Baca Juga8 Bahaya Makan Jeroan bagi Kesehatan, Kolesterol Tinggi hingga Cacat Lahir!

Berapa Banyak Hati Ayam yang Aman Dikonsumsi saat Hamil?

Apabila ibu hamil ingin makan hati ayam, sangat penting untuk mengetahui batas aman konsumsinya.

Anda bisa mengonsumsi hati hewan—seperti ayam dan sapi—setengah porsi atau setara dengan 1.5 ons. Konsumsi makanan jenis ini selama 1-2 kali dalam sebulan juga disebut-sebut masih tergolong aman.

Namun ingatlah, sekalipun konsumsinya dibatasi, bukan berarti Anda aman dari risiko bahayanya. Sebab pada dasarnya, tubuh sudah menyimpan kelebihan vitamin A.

Selain itu, pastikan Anda memasak hati ayam dengan matang untuk mengurangi risiko infeksi bakteri salmonela. Infeksi bakteri ini bisa membahayakan ibu dan janin.

Manfaat Hati Ayam untuk Ibu Hamil

Meski konsumsinya harus dibatasi, hati ayam memiliki banyak nutrisi yang penting untuk wanita hamil dan janin dalam kandungan.

Ibu hamil yang makan hati ayam dapat memenuhi kebutuhan zat besi, vitamin A, protein, kalsium, dan asam folat. Berikut berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Mencegah Cacat Lahir

Asam folat dalam hati ayam dapat membantu membentuk tabung saraf. Nutrisi ini sangat penting dikonsumsi ketika hamil karena dapat membantu mencegah beberapa cacat tabung saraf, termasuk:

  • Spina bifida. Cacat lahir yang menyebabkan perkembangan sumsum tulang belakang atau tulang belakang yang tidak lengkap. Bayi dengan kondisi ini dapat menjadi cacat permanen.
  • Anencephaly. Cacat lahir serius yang menyebabkan bayi lahir tanpa sebagian atau seluruh otak dan tengkorak. Bayi dengan kondisi ini biasanya tidak berumur panjang.

2. Membantu Perkembangan Mata dan Imun

Salah satu cara memenuhi kebutuhan vitamin A yang baik selama kehamilan adalah mengonsumsi hati ayam. Vitamin A berdampak langsung pada perkembangan penglihatan dan kekebalan bayi.

Selain itu, pada ibu hamil vitamin A juga dapat menjaga kesehatan kulit dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Sementara pada janin, vitamin ini dapat mendukung pertumbuhan jaringan kulit, tulang, dan otot janin.

Baca Juga12 Makanan Penyebab Bayi Lahir Cacat yang Harus Dihindari

3. Membantu Pertumbuhan Janin

Makan hati ayam untuk ibu hamil dapat membantu memenuhi kebutuhan protein selama kehamilan. Tentu saja manfaat yang satu ini bisa dirasakan ibu dan janin.

Protein diperlukan untuk pembentukan atau kekuatan tubuh. Nutrisi ini juga turut berperan dalam pertumbuhan janin. Ibu hamil bisa mendapatkan protein yang cukup dengan mengonsumsi hati dalam porsi sedang.

4. Mencegah Anemia pada Ibu Hamil

Selama kehamilan, Anda rentan terkena anemia. Inilah alasan mengapa suplementasi zat besi diperlukan. Selain dari suplemen, hati ayam bisa menjadi sumber zat besi yang baik untuk mengurangi risiko anemia pada ibu hamil.

Perlu diketahui, zat besi diperlukan untuk pembentukan hemoglobin di dalam darah.

5. Membantu Membangun Tulang dan Gigi pada Janin

Manfaat lainnya saat ibu hamil makan hati ayam adalah membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin. Khasiat ini berasal dari kandungan kalsium yang ada dalamnya.

Selain itu, kalsium juga dapat membantu perkembangan fungsi otot dan jantung pada janin dalam kandungan.

Baca Juga11 Sayur yang Bagus untuk Ibu Hamil, Kaya Nutrisi dan Sehat!

Risiko Makan Hati Ayam untuk Ibu Hamil

Meskipun memberikan manfaat baik bagi ibu dan janin, hati ayam juga bisa memberikan dampak buruk pada janin jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Beberapa dampak buruk yang bisa terjadi, di antaranya:

1. Asupan Nutrisi Berlebih

Kandungan nutrisi dalam hati ayam bervariasi dibandingkan dengan hati sapi atau kambing. Ini artinya, perlu diperhitungkan jumlah yang dapat dikonsumsi selama kehamilan.

2. Gangguan pada Janin

Meski bermanfaat, mengonsumsi hati dalam jumlah banyak bisa berbahaya bagi janin karena vitamin A pada hati dalam bentuk retinol yang merupakan prekursor vitamin.

Retinol yang dikonsumsi dalam jumlah tinggi berisiko menyebabkan cacat perkembangan pada anak dan kanker pada ibu.

3. Meningkatkan Risiko Hipertensi

Kolesterol yang tinggi di dalam hati ayam membuat makanan ini harus dibatasi. Makanan yang tinggi kolesterol tidak disarankan bagi ibu hamil yang memiliki masalah terkait dengan hipertensi.

Jadi, boleh tidaknya ibu hamil makan hati ayam tergantung dari kondisi kesehatan Bumil serta jumlah konsumsinya. Supaya lebih aman, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter kandungan mengenai pantangan makanan selama kehamilan dan suplementasi yang diperlukan.

  1. Anonim. 2020. Vitamin A. https://www.nhs.uk/conditions/vitamins-and-minerals/vitamin-a/. (Diakses pada 31 Maret 2023).
  2. Bellefonds, Colleen de. 2021. Is It Safe to Eat Liver During Pregnancy? https://www.babycenter.com/pregnancy/diet-and-fitness/is-it-safe-to-eat-liver-during-pregnancy_10404911. (Diakses pada 31 Maret 2023).
  3. Sagar, Priyanka. 2023. Is It Safe To Eat Liver During Pregnancy? https://www.momjunction.com/articles/safe-eat-liver-pregnancy_0078634/. (Diakses pada 31 Maret 2023).
  4. Whelan, Corey. 2022. Can Using Products with Retinol Affect Pregnancy? https://www.healthline.com/health/pregnancy/retinol-pregnancy. (Diakses pada 31 Maret 2023).

DokterSehat | © 2024 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi

https://doktersehat.com/ibu-dan-anak/kehamilan/manfaat-dan-risiko-makan-hati-bagi-ibu-hamil/