Anggur dari Luar Angkasa menua lebih cepat dari pada di Bumi, kenapa? Semua halaman – MEDIA UTAMA
By: Date: 6 Mei 2021 Categories: Sains

KOMPAS.com- Beberapa waktu lalu, kargo luar angkasa SpaceX kembali dari stasiun Luar angkasa Internasional (ISS), dan membawa pulang sejumlah barang, termasuk anggur atau minuman anggur merah.

Para peneliti juga melakukan studi terhadap beberapa minuman anggur merah yang telah berada di ISS selama kurang lebih satu tahun.

Dalam penelitian tersebut, seperti dilansir dari Ruang, Kamis (6/5/2021), menunjukkan bahwa selain perubahan rasa wine, minuman ini nampaknya lebih cepat menua dibanding wine di Bumi.

Sebelumnya, peneliti mengirimkan 12 botol wine Bordeux ke stasiun luar angkasa menggunakan pesawat kargo Northrop Grumman Cygnus pada November 2019.

Baca juga: Kembali dari Luar Angkasa, Anggur dan Anggur Diteliti Ilmuwan Perancis, Inilah Hasilnya

Pesawat ruang angkasa kargo tidak hanya membawa persediaan makanan untuk astronot ISS.

Tetapi juga membawa beberapa barang untuk mempelajari bagaimana gravitasi atau lingkungan gravitasi nol di luar angkasa dapat mempengaruhi anggur atau wine seiring bertambahnya usia.

Anggur Itu tetap berada di tabung tertutup di laboratorium yang mengorbit selama 438 hari dan 19 jam sebelum kembali ke Bumi dengan pesawat ruang angkasa kargo SpaceX Dragon pada Januari 2020.

Dibandingkan dengan sebotol anggur yang sama yang menua pada waktu yang sama di Bumi, anggur merah yang menua Stasiun ruang angkasa Internasional, mungkin jauh lebih tua, satu hingga dua tahun, atau bahkan tiga tahun lebih tua.

Baca juga: Demi kenikmatan, pemerintah Georgia akan membuat wine di Mars

SHUTTERSTOCK / K. DECHA Ilustrasi anggur, minuman fermentasi anggur.

“Sebenarnya mungkin satu hingga dua atau bahkan tiga tahun lebih berevolusi daripada yang Anda harapkan dari anggur yang menua di Bumi,” kata penulis anggur Jane Anson.

Anson adalah salah satu dari 12 panelis yang berpartisipasi dalam uji rasa setelah anggur kembali dari luar angkasa.

Dari panelis, lima (termasuk Anson) adalah pencicip anggur profesional.

Untuk tes bagian pertama, panelis diberikan tiga gelas wine, tanpa mengetahui gelas mana yang berisi wine dari luar angkasa.

“Saat itu kami mencari aromatik dan visual, jika kami bisa melihat perbedaan. Kami pada dasarnya harus memilih mana dari ketiganya yang berbeda,” kata Anson.

Baca juga: Startup Prancis Kirim 12 Botol Anggur Merah ke ISS, Untuk Apa?

“Dan di antaranya, saya melihat perbedaan evolusi warna wine di salah satunya. Saya tidak tahu yang mana,” tambahnya.

Untuk tes bagian kedua, panelis melakukan perbandingan langsung dengan mencicipi kedua wine tersebut. Menurut Anson, rasa kedua wine ini sangat fantastis.

“Salah satu hal utama yang harus dilihat pertama kali adalah, apakah anggur ini tahan lama? Apakah keduanya berkualitas baik? Dan jawabannya pasti, ya,” kata Anson.

“Dengan suara bulat, kedua anggur tersebut dianggap anggur berkualitas, yang berarti meskipun tinggal selama 14 bulan di Stasiun Luar Angkasa Internasional, ‘anggur ruang angkasa’ dievaluasi dengan sensorik yang sangat baik,” kata Philippe Darriet, seorang peneliti di Universitas Bordeaux, Perancis.

Baca juga: Astronot Meninggal di Luar Angkasa, NASA Merencanakan Penguburan Ekologis untuk Astronot