Apa Penyebab Pneumonia Misterius di China? Wanti-wanti Pandemi Terulang , Kenali Gejalanya
By: Date: 30 November 2023 Categories: pneumonia

Suara.com – China kembali diberitakan terkait wabah penyakit misterius, kali ini adalah pneumonia. Dari sini, tentu saja banyak yang bertanya-tanya tentang penyebab pneumonia misterius di China.

Tidak bisa dipungkiri bahwa ketakutan atas Covid-19 lalu masih membekas untuk banyak orang. Oleh karena itu, informasi tentang wabah pneumonia ini cukup membuat beberapa orang khawatir.

Apa penyebab pneumonia misterius di China?

Sejak ramai diberitakan, pemerintah China telah mengumumkan bahwa penyebab pneumonia misterius tersebut berbeda dan tidak ada sangkut pautnya dengan Covid.

Pemerintah setempat menyebutkan bahwa pneumonia tersebut disebabkan oleh bakteri Mycoplasma pneumoniae, bukan virus. Hal ini juga telah dikonfirmasi oleh WHO.

Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan Republik Indonesia menjelaskan bahwa saat ini belum ada penanganan khusus untuk pneumonia yang tidak terdiagnosis ini. Namun, beliau memang menegaskan bahwa kondisi ini lebih banyak ditemukan pada anak-anak.

Menteri Budi Sadikin juga mengingatkan supaya masyarakat tetap waspada dengan memakai masker dan kurangi beraktivitas di luar ruangan mengingat infeksi bakteri termasuk mudah menular.

Kenapa disebut misterius?

dr Imran Pambudi selaku Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes menjelaskan bahwa penyebutan misterius ini dikarenakan belum ditemukan penyebab lain dari kondisi ini.

Sejauh ini, pihak China baru melaporkan ke WHO bahwa virus Mycoplasma pneumoniae memang ditemukan pada 40–60% kasus terlapor, sementara sisanya masih terus dicari.

Gejala pneumonia misterius di China

Saat ini belum diketahui secara pasti apa yang membedakan pneumonia ini dengan pneumonia pada umumnya. Namun, angka lonjakan kasusnya memang bisa dibilang cukup drastis.

Supaya bisa lebih waspada, kenali beberapa gejala dari pneumonia secara umum berikut ini.

  • Batuk kering atau berdahak.
  • Peningkatan detak jantung.
  • Sesak napas, bahkan saat istirahat.
  • Kenaikan suhu tubuh.
  • Mudah berkeringat.
  • Menggigil kedinginan.
  • Hilang nafsu makan.
  • Nyeri pada dada yang semakin memburuk saat batuk atau bernapas.

Pastikan untuk segera memastikan kondisi Anda jika mengalami berbagai gejala tersebut.

Update pneumonia misterius di China

Sebagai langkah preventif, Mi Feng, selaku Juru Bicara Komisi Kesehatan Nasional di China menyatakan bahwa pihaknya tengah berupaya membuka lebih banyak klinik untuk demam dan vaksinasi.

Tindakan tersebut dilakukan setelah tercatat setidaknya 7.000 pasien di rawat setiap harinya dengan keluhan serupa pneumonia. Lonjakan kasus ini terjadi bersamaan dengan musim dingin pertama di China-19 setelah terbebas dari Covid-19.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

https://www.suara.com/health/2023/11/30/102853/apa-penyebab-pneumonia-misterius-di-china-wanti-wanti-pandemi-terulang-kenali-gejalanya