Apa Sebelum Big Bang? Inilah Jawaban Stephen Hawking – mediautama.co
By: Date: 1 Maret 2022 Categories: Sains

BEIJING – Sebuah kawah di Cina Timur Laut memegang rekor kawah tumbukan asteroid terbesar di Bumi yang terbentuk dalam 100.000 tahun terakhir. Kawah ini mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh kawah Arizona di Amerika Serikat.

Sebelum tahun 2020, satu-satunya kawah tumbukan China yang diketahui ditemukan di daerah Xiuyan di provinsi pesisir Liaoning, menurut pernyataan dari Observatorium Bumi NASA.

Kemudian, pada Juli 2021, para ilmuwan mengkonfirmasi bahwa struktur geologis di pegunungan Little Xing’an telah terbentuk sebagai akibat dari batu luar angkasa yang menghantam Bumi.

BACA: Spesies Baru Katak Tapir-Moncong Ditemukan di Hutan Amazon


Dilaporkan Ilmu LangsungSelasa (1/3/2022), Kawah Yilan berukuran sekitar 1,85 kilometer dan berdasarkan penanggalan radio karbon, kawah ini terbentuk sekitar 46.000 hingga 53.000 tahun yang lalu.

Para peneliti mengumpulkan sampel sedimen ini dengan mengekstraksi inti bor dari pusat kawah . Di bawah 100 meter di bawah tanah, danau berlapis dan sedimen rawa terletak lempengan breksi granit setebal hampir 320 meter.

Granit itu terdiri dari banyak pecahan batu yang disemen bersama dalam matriks, tim menemukan. Batuan ini memiliki bekas luka akibat benturan meteorit.

BACA JUGA: Ukraina Bentuk Tentara Siber untuk Menyerang 31 Situs Penting Rusia

Ditemukan setelah peneliti melihat pecahan batuan menunjukkan tanda-tanda mencair dan mengkristal selama tumbukan. Karena granit cepat panas lalu mendingin.