Apakah Penggunaan Essence Penting untuk Kesehatan Kulit?
By: Date: 28 November 2019 Categories: Hidup Sehat,kecantikan,Skin Care

Perawatan kulit atau skin care adalah salah satu kebutuhan yang paling penting untuk menjaga kecantikan serta kesehatan kulit, terutama untuk Anda yang memiliki kulit bermasalah. Jika berkaca dengan langkah skin care Korea, yang digadang-gadang bikin kulit lebih mulus, salah satu produk yang mesti Anda miliki adalah essence. Lalu, seberapa penting fungsi essence untuk kulit?

Sebenarnya, apa itu essence?

Produk essence pertama kali mendapat sorotan setelah tren skin care ala Korea Selatan mulai populer pada tahun 2011.

Sebenarnya, produk essence sendiri secara umum memiliki arti yang berbeda-beda. Ada beberapa merek perawatan kulit yang memperkenalkan essence seperti toner atau facial mist, yaitu dengan formula yang cenderung lebih cair.

Namun, banyak pula yang memakai istilah essence untuk produk skin care yang lebih kental, tetapi tidak sekental dan sepadat serum.

Essence biasanya dipakaikan pada kulit setelah selesai mencuci dan membersihkan muka. Anda juga disarankan mengoleskan essence sebelum pemakaian serum karena teksturnya yang cenderung lebih cair dan ringan.

Salah satu kandungan utama yang terdapat di dalam essence pada umumnya adalah hyaluronic acid (HA). Hyaluronic acid memiliki manfaat menjaga kelembapan kulit, mengencangkan tekstur kulit, serta melindungi kulit dari mikroorganisme.

Beberapa essence juga terdiri dari emollient yang memiliki fungsi serupa dengan hyaluronic acid.

Ketika kulit memiliki kadar air yang tinggi, kondisi tersebut membuat kulit Anda dapat menyerap zat-zat aktif pada produk skin care selanjutnya dengan lebih baik.

Itu artinya, penggunaan essence tidak hanya bermanfaat untuk memberikan kelembapan ekstra pada kulit, tapi juga mempersiapkan kulit agar dapat menyerap kandungan skin care lainnya secara maksimal.

Lalu, apakah penggunaan essence dalam perawatan kulit itu penting?

Sebenarnya, hingga saat ini tidak ada aturan atau anjuran yang pasti apakah Anda perlu menggunakan essence atau tidak. Para ahli pun memiliki pendapat yang beragam mengenai pentingnya penggunaan essence.

Menurut Rachel Nazarian, MD, seorang ahli dermatologi dan anggota Fellow of the American Academy of Dermatology (FAAD), pemakaian essence dapat membantu mempersiapkan kulit sebelum memasuki tahapan skin care lainnya. Apalagi jika Anda juga menggunakan serum dengan bahan aktif, seperti serum anti-aging.

Sementara itu, Erum Ilyas, MD, ahli dermatologi di Montgomery Dermatology berpendapat bahwa Anda tidak disarankan memakai terlalu banyak jenis produk perawatan kulit secara bersamaan.

Penggunaan essence bukanlah hal yang wajib. Semua tetap kembali ke kebutuhan kebutuhan kulit masing-masing juga kandungan zat aktif di dalam setiap produk skin care Anda.

Jika sudah memiliki serum wajah dengan bahan aktif yang sama dengan essence, Anda tidak terlalu membutuhkan essence. Terlebih jika kulit Anda sangat sensitif. Hal ini untuk mencegah reaksi alergi atau iritasi pada kulit.

Jadi, pastikan dulu essence yang digunakan tidak memiliki bahan aktif yang sama dengan serum atau moisturizer Anda, ya.

Selain itu, bila Anda memiliki kulit yang sangat berminyak dan tidak nyaman menggunakan terlalu banyak produk perawatan kulit, tidak masalah kalau Anda menggunakan serum atau moisturizer saja.

Penggunaan essence memang dapat memberikan manfaat lebih untuk kesehatan kulit. Tetapi, Anda tidak harus menggunakannya dalam rutinitas skin care Anda, apalagi jika kulit wajah Anda memang tidak terlalu membutuhkannya.

Baca Juga:

Let’s block ads! (Why?)