Apakah Pengidap Thalassemia Bisa Sembuh Total?
By: Date: 10 April 2020 Categories: Hidup Sehat,mengobati thalassemia,pengobatan thalassemia,thalassemia,Tips Sehat

Thalassemia atau talasemia sebenarnya merupakan sekelompok penyakit turunan atau bawaan pada darah yang mempengaruhi kemampuan tubuh seseorang dalam memproduksi hemoglobin, yang kemudian menyebabkan anemia. Sekitar 100 ribu bayi di dunia setiap tahunnya dilahirkan dengan thalassemia yang parah. Lalu pertanyaannya, apakah ada cara untuk mengobati thalassemia sampai sembuh total?

Apakah thalassemia bisa disembuhkan total?

Dilansir dari openaccessgoverment.org, terapi gen menghasilkan beberapa kemungkinan baru, merawat, dan bahkan menyembuhkan thalassemia dengan mengubah potongan-potongan kode genetik yang menyebabkan penyakit ini.

Dr. Rabi Hanna, M.D., seorang spesialis dalam hematologi pediatric, onkologi dan transplantasi darah dan sumsum tulang di Cleveland Clinic, Amerika Serikat mengatakan bahwa dibutuhkan sedikit lagi waktu bagi perkembangan teknologi ini agar tersedia menjadi pengobatan. Saat ini, kita jelas berada di posisi terobosan dalam penelitian yang juga memiliki arti terobosan dalam pengobatan. Ini menawarkan harapan nyata bagi banyak pasien yang menderita thalassemia.

Dapat disimpulkan bahwa terapi gen sedikit lagi dapat menjadi jalan keluar sebagai pengobatan yang dapat menyembuhkan dan mengobati thalassemia. Tentu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk memilih pengobatan thalassemia mana yang sesuai dengan kondisi Anda.

Selain itu, seperti yang dilansir pada nhlbi.nih.gov, para peneliti terus berusaha untuk menemukan perawatan baru untuk mengobati thalassemia. Sebagai contoh, kelak pengobatan mungkin dilakukan dengan cara menyematkan gen hemoglobin normal ke dalam sel-sel induk tulang.

Dengan demikian, orang yang menderita thalassemia akan dapat memproduksi sel darah merah dan hemoglobin sendiri.

Lalu peneliti juga sedang mempelajari cara lain untuk mengobati thalassemia dengan cara memicu kemampuan seseorang dalam membuat fetal hemoglobin setelah dilahirkan. Fetal hemoglobin pada umumnya ditemukan pada bayi yang tidak mengidap thalassemia.

Setelah dilahirkan, tubuh akan berhenti memproduksi fetal hemoglobin lalu beralih dan mulai membuat hemoglobin dewasa. Dengan memicu produksi fetal hemoglobin, diharapkan penderita thalassemia dapat menutupi kekurangan hemoglobin dewasa saat dia tumbuh dan berkembang.

Komplikasi yang memperlambat pengobatan thalassemia

Bagi penderita thalassemia parah, salah satu komplikasi yang dapat terjadi adalah membesarnya ukuran limpa. Ketika hal ini terjadi, mengobati thalassemia jadi lebih sulit karena kondisi anemia dapat menjadi lebih buruk dan mengakibatkan sel darah merah yang didapat dari transfusi berusia pendek.

Limpa membantu tubuh dalam melawan infeksi dan menyaring senyawa yang tidak diinginkan seperti sel darah yang sudah tua atau rusak. Thalassemia sering disertai dengan rusaknya sebagian besar sel darah merah. Hal ini menyebabkan limpa membesar dan bekerja lebih keras dari biasanya.

Saat ukuran limpa sudah terlalu besar, dokter mungkin menyarankan untuk melakukan operasi pengangkatan.

Menjaga kualitas hidup saat mengobati thalassemia

Saat Anda atau anggota keluarga mengidap thalassemia, tantangan hidup menjadi bertambah. Ikuti beberapa pendekatan berikut untuk membantu menjaga dan meningkatkan kualitas hidup Anda selama menjalani pengobatan thalassemia.

1. Ikuti rencana perawatan

Mengikuti segala saran dan perawatan yang diberikan dokter sangatlah penting. Salah satu contohnya adalah terapi kelasi. Pengobatan thalassemia ini memang memakan waktu dan menyebabkan sedikit rasa sakit. Namun jika tidak dilakukan, Anda dapat berisiko kelebihan zat besi dan memicu penyakit jantung.

Minum juga suplemen asam folat jika disarankan dokter. Asam folat merupakan vitamin B yang dapat membantu membangun sel sarah merah.

2. Dapatkan perawatan medis berkelanjutan

Atur jadwal agar Anda mendapatkan perawatan medis dan lakukan segala tes yang dokter rekomendasikan. Tes yang dilakukan dalam upaya mengobati thalassemia contohnya:

  • Menghitung jumlah darah setiap bulan dan tes untuk mengetahui tingkat zat besi setiap 3 bulan
  • Tes tahunan untuk mengetahui fungsi jantung, hati, dan infeksi virus (misalnya, hepatitis B dan C)
  • Tes tahunan untuk memeriksa penumpukan zat besi dalam hati

3. Jaga gaya hidup sehat

Jalankan aturan pola makan sehat dan instruksi dokter untuk meminum suplemen zat besi. Dapatkan juga vaksinasi yang dibutuhkan, terutama jika limpa Anda telah diangkat.

4. Cari dukungan emosional

Terapi dengan cara ikut dalam support group dapat membantu meningkatkan kondisi mental Anda. Dari sana Anda dapat mempelajari bagaimana cara orang lain menghadapi thalassemia. Dukungan keluarga dan teman juga dapat membantu mengurangi stres.

Mengobati thalassemia memang bukan hal yang mudah. Namun dengan langkah dan pendekatan yang benar dan sesuai anjuran dokter, Anda dapat mengurangi rasa stres sehingga kualitas hidup tetap terjaga bahkan mungkin dapat meningkat.

Baca Juga:

Let’s block ads! (Why?)