Aqua Pamerkan Koleksi Fashion Hasil Daur Ulang Botol di JFW 2020
By: Date: 26 Oktober 2019 Categories: Tak Berkategori

loading…

JAKARTA – Danone-AQUA menampilkan koleksi fashion berkelanjutan di Jakarta Fashion Week (JFW) 2020, hasil kolaborasi dengan desainer ternama Tanah Air, yaitu fbudi, Kana Goods, KresKros, Pijakbumi, dan seniman Ika Vantiani bersama It’s in Your Hand Collective.

“Melalui partisipasi kami di Jakarta Fashion Week, kami ingin memperlihatkan kepada konsumen bahwa mereka dapat memilih untuk melakukan kebaikan dengan memilih produk dan jasa yang tidak hanya berkelanjutan, tetapi juga memberdayakan mereka yang terlibat dalam proses produksi barang dan jasa tersebut,” kata Intan Kartika selaku Danone-AQUA Brand Director saat JFW 2020 di Senayan City, Jakarta, Jumat (25/10/2019).

Adapun koleksi yang dihadirkan berupa beragam pilihan busana, mulai dari outerwear, kemeja, celana, topi, kaos hingga tas yang terbuat dari kain tafetta dan polyester – hasil olahan daur ulang botol plastik yang dikumpulkan dan diolah secara parsial oleh unit daur ulang (RBU) Danone-AQUA.

Baca Juga:

Selain itu, gelaran fashion show kali ini juga menampilkan aksesoris menarik lainnya yang terbuat dari olahan botol plastik Aqua yang didaur ulang. Di sisi lain, produk fashion yang dihadirkan juga merupakan hasil daur ulang dari koleksi sebelumnya sehingga tidak meninggalkan sampah dan ramah lingkungan.

“Kita menampilkan baju yang dibuat dari olahan botol plastik Aqua. Itu botol plastik seratnya beda dengan serat alam. Di kulit rasanya beda. Kalo dicuci juga beda dengan kain lainnya,” jelas Felicia Budi selaku fbudi Creative Director.

“Kalo koleksi yang ditampilkan itu semua memang dibuat dari daur ulang, tapi nggak cuma dari botol Aqua. Sebagainnya dari daur ulang koleksi sebelumnya. 100% daur ulang. Namanya daur ulang, bahannya terbatas, diketerbatasannya itu tetap menampilkan koleksi ada benang merahnya dan gimana caranya tetap cantik,” lanjutnya.

Lebih lanjut Felicia menambahkan bahwa keberlanjutan akan menjadi aspek penting di industri fashion dan menuntut perhatian semua desainer dalam berkreasi.

“Linear fashion bentuk fashion pada umumnya yang kita jalankan. Kita buat sesuatu dari alam dan kita gunakana, dibuang. Dari linear itu kita buat segaris. Caranya, nggak kita buat, pakai dan buang tapi kita pakai lagi. Sampah nggak ada dan kita ada material baru,” tambahnya.

Sementara, Danone-AQUA telah bekerja sama dengan desainer, merek dagang, seniman, serta komunitas yang juga memiliki semangat dalam menyebarkan kebaikan dengan meningkatkan kepedulian terhadap isu keberlanjutan dan bijak berplastik – gerakan untuk meningkatkan kepedulian terhadap isu sampah plastik dan mengajak publik untuk menjadi bagian dari solusi.

“Kami melihat banyak pihak di industri fashion mulai memperhatikan isu keberlanjutan. Hal inilah yang mendorong kami menginisiasi kolaborasi #Bottle2Fashion dengan salah satu merek fashion multinasional pada tahun 2017. Kami ingin memperkenalkan produk-produk fashion yang berkelanjutan sebagai salah satu cara untuk mengedukasi konsumen bahwa mereka bisa menjadi bagian dari solusi terhadap permasalahan sampah. Salah satunya dengan memilih dan mendukung produk-produk yang diproduksi dengan memperhatikan asas keberlanjutan,” tutup Intan.

(tdy)

Let’s block ads! (Why?)