Awas Asam Urat Kambuh saat Lebaran! Batasi 5 Makanan Minuman Ini Biar Gak Repot
By: Date: 20 April 2023 Categories: Uncategorized

Suara.com – Menu lebaran Idul Fitri rentan membuat penyakit asam urat kambuh, yang malah mengganggu momen kumpul keluarga.

Rendang, gulai, opor ayam, lontong sayur, hingga cemilan kue khas lebaran bisa meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

Ilustrasi Rendang - 5 Resep Menu Idul Adha Khas (Pixabay) 
Ilustrasi Rendang – 5 Resep Menu Idul Adha Khas (Pixabay) 

“Asam urat rentan untuk meningkat pada saat hari raya idul fitri karena pola makan yang cenderung tidak terjaga selama masa lebaran. Hal ini bisa berisiko untuk meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh,” ujar Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr Hady, M.Med (Int.Med) melalui keterangan yang diterima suara.com, Kamis (20/4/2023).

Gout atau asam urat adalah peradangan pada sendi yang terjadi karena kadar asam urat (uric acid) di dalam tubuh yang terlalu tinggi atau hiperurisemia.

Baca Juga: Agenda Timnas Indonesia U-22 saat Idul Fitri

Beberapa orang yang berisiko terkena asam urat seperti memiliki hipertensi, sakit ginjal, obesitas hingga riwayat keluarga.

Berikut ini daftar makanan lebaran pemicu asam urat menurut dr. Hady yang sebaiknya harus dibatasi:

1. Gulai Daging

Konsumsi daging merah seperti daging sapi dan kambing saat lebaran dapat menyebabkan kadar asam urat meningkat karena kadar purin yang tinggi terkandung di dalamnya.

“Jadi tidak heran jika asam urat sering meningkat saat lebaran, karena menu tersebut sering menjadi menu santapan utama pada saat lebaran,” jelas dr. Hady.

Baca Juga: Berlebaran dengan Keluarga di Solo, Jokowi Putuskan Tak Gelar Open House

2. Minuman Manis

Minuman manis dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh, karena minuman ini umumnya bersoda dan jus kotak memiliki kadar fruktosa yang tinggi.

“Tubuh kita dapat memecah fruktosa menjadi purin, yaitu zat yang dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh,” jelas dokter yang berpraktik di RS Eka Hospital Pekanbaru itu.

3. Emping

Emping dianggap pendamping terbaik gulai dan lontong sayur selama lebaran. Namun dibalik kelezatannya, emping dapat meningkatkan kadar asam urat, karena emping memiliki kadar purin yang relatif cukup tinggi.

4. Kacang

Meski kandungan purin dalam kacang terbilang rendah, namun jika dikonsumsi berlebihan tetap dapat meningkatkan asam urat dalam tubuh.

“Batasi konsumsi kacang secukupnya selama lebaran untuk terhindar dari meningkatnya asam urat dalam tubuh,” ungkap dr. Hady.

5. Seafood

Makanan laut atau seafood seperti udang, kepiting, kerang, dan berbagai jenis seafood lainnya memiliki kandungan purin cukup tinggi dan meningkatkan kadar asam urat.

“Sebaiknya, hindari asupan seafood selama lebaran terlebih dahulu untuk menghindari peningkatan kadar asam urat dalam tubuh, terutama jika Anda memiliki riwayat asam urat,” tutup dr. Hady.

Adapun cara mencegah asam urat kambuh saat lebaran bisa dengan kurangi asupan menu di atas, dan imbangi dengan konsumsi buah-buahan, air putih, susu rendah lemak, sayuran tinggi serat, hingga teh hijau.

https://www.suara.com/health/2023/04/20/103332/awas-asam-urat-kambuh-saat-lebaran-batasi-5-makanan-minuman-ini-biar-gak-repot