Bagaimana Ikan Listrik Bisa Miliki Organ Listrik? – Kompas.com – KOMPAS.com
By: Date: 8 Juni 2022 Categories: Sains

KOMPAS.comIkan listrik, salah satunya seperti belut listrik memiliki organ listrik yang membantu mereka melakukan segala macam hal yang menakjubkan.

Contohnya saja mengirim dan menerima sinyal, membantu mereka mengenali ikan listrik lain berdasarkan spesies, jenis kelamin, dan bahkan individu.

Tapi masih ada sebuah pertanyaan mendasar yang belum terjawab, bagaimana ikan listrik itu bisa memiliki organ listrik?

Sebuah studi baru di Science Advances pun menjelaskan bagaimana perubahan genetik kecil, memungkinkan ikan listrik memiliki organ listrik.

Baca juga: Fakta Ikan Sheepshead, Ikan Unik dengan Gigi Mirip Manusia

Dikutip dari Science Daily, Senin (6/6/2022) evolusi memanfaatkan kekhasan genetika ikan untuk mengembangkan organ listrik.

Semua ikan memiliki versi duplikat dari gen yang sama yang menghasilkan motor otot kecil, disebut saluran natrium.

Untuk mengembangkan organ listrik, ikan listrik harus mematikan satu duplikat gen saluran natrium di otot dan menyalakan di sel lain.

Motor kecil yang biasanya membuat otot berkontraksi digunakan kembali untuk menghasilkan sinyal listrik. Dan, voila! Sebuah organ baru dengan beberapa kemampuan yang menakjubkan pun telah lahir.

“Ini menarik karena kita dapat melihat bagaimana perubahan kecil pada gen bisa sepenuhnya mengubah di mana gen diekspresikan,” kata Harold Zakon, penulis studi ini.

Peneliti dari UT Austin dan Michigan State University menjelaskan, bahwa pada ikan listrik, wilayah kontrol gen saluran natrium ini berubah atau hilang sama sekali.