Bantu Anak Temukan Bakat Terbesar Dirinya dengan Tes Sidik Jari, Apa Sih Manfaatnya?
By: Date: 24 Juli 2023 Categories: kecerdasan,sidik jari

Suara.com – Menentukan pendidikan lanjutan hingga cita-cita kerap kali terasa membingungkan bagi siswa SMA yang akan segera lulus sekolah. Saat itu lah peran orang tua sangat penting untuk membantu anak mengetahui potensi dirinya juga kecerdasan yang ia miliki.

Praktisi mental wellness Yoanita, M.Kes., menjelaskan bahwa salah satu cara mengetahui minat dan bakat anak bisa dilakukan dengan tes sidik jari atau Fingerprint Analysis. Ia mengatakan bahwa metode itu dapat mengetahui kelebihan potensi anak yang sudah ada sejak lahir.

“Fingerprint Analysis sangat penting untuk mengetahui potensi anak karena lebih akurat dalam menemukan potensi yang sifatnya bawaan lahir atau genetik,” jelas dr. Yovi dalam keterangan persnya, Senin (24/7/2023).

Cara kerjanya, lanjut dr. Yovi, fingerprint menggunakan data biometrik dengan validitas dan reliabilitas yang lebih tinggi untuk melihat potensi genetik. Kelebihan bawaan lahir atau genetik itu lah yang menjadi potensi dasar yang sifatnya original dan tidak akan berubah seumur hidup.

Baca Juga:Platform Pemilu.AI Diluncurkan, Diklaim Bisa Bantu Kampanye Bacaleg di Pemilu 2024

Ilustrasi Anak Belajar (Pexels/Oleksandr Pidvalnyi)
Ilustrasi Anak Belajar (Pexels/Oleksandr Pidvalnyi)

Hasil dari tes tersebut bisa membantu anak jadi lebih percaya diri dan memudahkannya dalam memilih sekolah serta karier di masa depan. Sehingga, anak pun bisa menjadi versi terbaik dari dirinya.

“Dengan mengetahui potensi diri anak melalui finger print, maka hal yang harus dilakukan orang tua adalah memberikan support system dan fasilitas belajar yang terbaik sesuai dengan potensi anak. Mengarahkan anak untuk memiliki soft skill dan hardskill yang lebih spesifik yang menjadi kekhasan anak,” imbuhnya.

Tes fingerprint analysis tersebut telah dilakukan kepada 600 pelajar di DKI Jakarta yang diberikan oleh Persatuan Kejaksaan Indonesia bekerjasama dengan Life Design Clinic serta Teknologi Cakra Internasional.

Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Dr. Reda Manthovani mengatakan kalau tujuan dari tes tersebut untuk membantu para siswa bisa tumbuh menjadi generasi berkualitas.

“Dengan demikian, dapat menjadi acuan bagi para generasi muda untuk mengembangkan bakat dominannya yang sesuai dengan potensi yang dimiliki sehingga dapat menjadi generasi yang lebih berkualitas dan berkarakter,” kata Dr. Reda.

Baca Juga:Perlu Disadari, Berikut 5 Alasan Manusia Tidak Dapat Digantikan oleh AI

https://www.suara.com/health/2023/07/24/113500/bantu-anak-temukan-bakat-terbesar-dirinya-dengan-tes-sidik-jari-apa-sih-manfaatnya