Benarkah Sering Mendengar Suara Pesawat Bikin Tekanan Darah Naik?
By: Date: 15 Oktober 2019 Categories: Hidup Sehat,indera pendengar,mendengar suara,suara,Tekanan Darah,Telinga

Tinggal di sekitar bandar udara memudahkan akses Anda untuk ke sana. Namun, suara bising dari pesawat yang lepas landas atau mendarat, pasti mengganggu. Bukan hanya telinga Anda, sering mendengar suara pesawat ini katanya juga bisa menaikkan tekanan darah. Benarkah demikian? Yuk, cari tahu kebenarannya berikut ini.

Benarkah suara pesawat bikin tekanan darah naik?

Tinggal di sekitar bandara atau bekerja di maskapai penerbangan, membuat Anda sering terpapar dengan suara bising pesawat. Entah itu pesawat yang akan lepas landas atau mendarat. Studi telah lama mengamati efek buruk dari suara bising yang dihasilkan oleh pesawat ini, salah satunya pada tekanan darah.

Sebuah studi pada jurnal Noise and Health meneliti hubungan antara kebisingan suara pesawat dengan tekanan darah tinggi. Hasilnya menunjukkan bahwa paparan suara tersebut dalam jangka panjang bisa memicu naiknya tekanan darah pada pria. 

Setelah diteliti lebih jauh, naiknya tekanan darah cenderung lebih mungkin terjadi pada pria berusia kurang dari 55 tahun. Sementara, pria di atas usia 55 tahun, lebih rendah pengaruhnya.

Perbedaan tersebut rupanya disebabkan oleh tingkat sensitivitas telinga. Pria yang berusia kurang dari 55 tahun memiliki pendengaran lebih baik ketimbang pria yang lebih tua.

Namun, apa hubungannya paparan suara bising dengan tekanan darah?

Peneliti sepakat bahwa kebisingan, termasuk suara pesawat, berpotensi memicu respons stres dengan mengaktifkan sistem saraf simpatik dan neuroendokrin yang mengakibatkan tekanan darah naik. 

Sistem saraf simpatik adalah saraf otonom yang berfungsi untuk memacu dan mempercepat kerja organ tubuh, seperti mempercepat detak jantung, kontraksi pembuluh darah, sekresi glukosa dalam hati, dan produksi keringat. Sementara neuroendokrin adalah kelenjar endokrin yang menyimpan dan mengalirkan hormon ke aliran darah.

Saat suara bising bisa mengganggu aktivitas tertentu, sehingga memicu stres. Ketika stres terjadi dalam jangka panjang, tekanan darah yang naik akan meningkatkan risiko hipertensi (tekanan darah tinggi).

Efek lain terpapar suara bising dari pesawat

naik pesawat bersama anak

Tidak hanya tekanan darah, paparan kebisingan pesawat juga menimbulkan efek buruk lainnya bagi kesehatan. Mari kupas satu per satu dampak buruknya berikut ini.

1. Meningkatkan risiko penyakit jantung

Meningkatnya risiko tekanan darah tinggi akibat suara pesawat menempatkan seseorang lebih besar terkena penyakit jantung. Ini terjadi karena tekanan darah yang naik memperberat kerja jantung dalam memompa darah. Begitu juga dengan perubahan detak jantung yang terjadi juga bisa mengganggu irama normal jantung.

2. Mengganggu tidur

Agar dapat tidur dengan nyaman, Anda butuh ketenangan. Suara pesawat yang muncul tentu bisa merusak keheningan malam. Ini membuat Anda susah memejamkan mata untuk tidur ataupun membuat Anda terus terbangun saat tidur.

Bila gangguan ini terus muncul, Anda akan kekurangan tidur. Ini menyebabkan penurunan sistem imun sehingga membuat Anda lebih mudah sakit.

3. Menurunkan performa otak

Selain menaikkan tekanan darah, suara pesawat juga bisa menurunkan performa otak. Suara bising bisa menggangu Anda untuk mendengarkan pembicaraan seseorang dengan baik dan memusatkan konsentrasi pada suatu hal. Bahkan, mengganggu Anda untuk melakukan tugas seperti menghitung, membaca, dan mengingat.

4. Mengganggu kesehatan telinga

Suara bising merupakan salah satu penyebab dari gangguan telinga. Risikonya akan semakin besar jika Anda bekerja atau tinggal di area yang bising, contoh pabrik atau bandara. Kondisi telinga yang terpapar suara bising dalam waktu yang lama dikenal dengan istilah noise induced hearing loss.

Jika Anda merasa memiliki risiko tersebut, cobalah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Dokter Anda mungkin akan memberikan solusi yang dapat mengatasi masalah Anda.

Baca Juga:

Let’s block ads! (Why?)