Bukan Bumi, Venus Punya Gunung Api Terbanyak di Tata Surya – detikInet
By: Date: 18 Oktober 2022 Categories: Sains

Jakarta

Bumi bukan satu-satunya planet yang punya gunung api. Planet lain juga punya, bahkan Venus yang sering disebut kembaran Bumi, punya gunung api hingga ribuan jumlahnya.

“Kalau lihat dalam sistem Tata Surya, ternyata gunung api itu tidak hanya dimiliki oleh Bumi. Di Venus, Mars, itu pun juga memiliki gunung api,” kata Pakar Vulkanologi ITB Dr. Eng. Ir. Mirzam Abdurrachman, ST, MT dalam live Eureka! Rahasia Gunung Api, Senin (17/10/2022).

Namun berbeda dengan Jupiter, Saturnus, dan Neptunus, tiga planet ini tidak memiliki gunung api karena letaknya terlalu jauh dari Matahari.


“Dengan demikian gunung api tidak bisa muncul (di Jupiter, Saturnus, dan Neptunus). Tetapi bulan yang mengelilingnya memiliki gunung api,” kata Mirzam.

Yang menarik adalah Merkurius. Posisinya yang paling dekat dengan Matahari, seharusnya menjadikannya planet terpanas dan kemungkinan besar punya gunung api, namun nyatanya tidak demikian. Tidak ada gunung api di Merkurius.

“Di Tata Surya, gunung api terbanyak dimiliki Venus, kemudian Bumi, yang terbesar ada di Mars, sementara di Jupiter, Saturnus dan, Neptunus, yang memiliki gunung api justru bulannya, bukan planetnya sendiri,” jelas Mirzam.

Venus sering disebut kembaran Bumi karena ukuran dan strukturnya serupa. Tetapi Venus memiliki panas permukaan yang ekstrem dan atmosfer yang padat dan beracun. Karena itu pula, kondisi dan jumlah gunung api di Bumi dan Venus berbeda.

“Venus jumlah gunung apinya ada 1.600, itulah planet dengan jumlah gunung api terbanyak. Di Bumi yang jumlah gunung apinya hanya 1.500 saja kita sering merasa khawatir dengan segala bencana dan juga manfaatnya,” ujar Mirzam.

Berbeda dengan gunung api di Bumi, gunung api di Venus lebih beragam bentuknya, ada yang kerucut hingga seperti perisai. Hal itu dikarenakan gunung di Venus terbentuk dalam tekanan yang sangat tinggi dengan atmosfer yang sangat tebal.

“Dengan komposisi CO2 yang 97% dari atmosfer total, maka membuat awannya panas sehingga kemudian gunung apinya pun seperti pancake. Tekanan yang ada di Venus itu 90 kali tekanan yang ada di Bumi sehingga gunung apinya pasti selalu pipih,” tutupnya.

Simak Video “Rahasia Gunung Api
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)