Cara Cek Lokasi Rumah Saat Zaman Dinosaurus, Pakai Website Ini! – MainMain.id
By: Date: 30 Desember 2022 Categories: Sains

Baru-baru ini, telah beredar website yang bisa digunakan untuk cek lokasi rumah pada zaman dinosaurus. Kebayang gak gimana penampakan tanah yang sedang kamu tempati itu?

Tentunya, sangat berbeda dengan peta bumi jutaan tahun lalu dengan yang sekarang. Daratan dan lautan yang ada di bumi sekarang relatif baru, termasuk Eurasia, Amerika, Afrika, Antartika, dan Oseania.

Seperti scene film Ice Age 3, daratan dan lautan tersebut tercipta dari lempengan tektonik besar yang awalnya menyatu seperti puzzle. Seiring berjalannya waktu, lempengan itu bergerak sangat lambat, dan kemudian berpisah dalam skala jutaan tahun.

Jadi, letak rumah tempat tinggal kamu sekarang bisa terlihat berbeda ketika diimplementasikan pada peta bumi kuno. Namun, semua berkat kemajuan teknologi. Sebab kini, kamu bisa cek di mana letak rumahmu saat zaman dinosaurus lewat peta bumi interaktif Ancient Eart Map, begini caranya.

1. Buka situs web dinosaurpictures.org/ancient-earth di web browser.

2. Tentukan zaman yang ingin kamu lihat dengan klik kotak putih bertuliskan “240 million” yang ada di bagian bar paling atas.

3. Kemudian masukan nama kota kamu di kotak pencarian: “Enter a city name to view it on the globe”.

4. Dalam hitungan detik, peta akan menunjukkan di mana lokasi kamu berada dengan tanda titik merah.

Peta ini dibuat oleh Ian Webster dengan bantuan data lempengan tektonik dan peta paleogeografi oleh CR Scotese dari PALEOMAP Project. Bahkan, memperlihatkan pemandangan dari planet bumi mulai 240 juta tahun lalu di era superbenua Pangea.

Menariknya, kamu juga bisa memilih pemandangan bumi 750 tahun yang lalu sampai zaman modern seperti sekarang. Peta ini bisa diakses di situs web dinosaurpictures.org/ancient-earth.

Website tersebut memperlihatkan globe 3D yang penampilannya bisa berubah tergantung zaman yang ingin dilihat, misal, Jurassic (Jura), Triassic (Trias), hingga Cretaceous Period (Zaman Kapur). Yuk, cobain sekarang!

Foto: unsplash