Cara Menurunkan Kolesterol Gara-gara Makan Daging Kambing Idul Adha
By: Date: 27 Juni 2023 Categories: Kolesterol

Suara.com – Bagi anda memiliki masalah kolesterol sebaiknya berhati-hati saat Idul Adha 2023 dan makan banyak daging kambing. Setidaknya, kalian mengetahui cara menurunkan kolesterol dengan tepat.

Jangan sampai hidangan selama Hari Raya Idul Adha justru menyebabkan gangguan kesehatan seperti jantung hingga stroke. Sebelum mengetahui beberapa cara menurunkan kolesterol, simak dahulu penyebab daging kambing bisa meningkatkannya.

Kolesterol adalah senyawa lemak di dalam tubuh manusia yang berperan penting dalam berbagai fungsi fisiologis. Nah, daging kambing adalah bahan makanan dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi.

Lemak jenuh ini dapat berkontribusi terhadap peningkatan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Meskipun begitu peningkatan kolesterol tidak hanya dipengaruhi oleh pola makanan saja.

Baca Juga: Beda Nasib, Ini Perbedaan Libur Cuti Bersama PNS dan Pegawai Swasta

Faktor genetik dan olahraga yang tidak teratur juga ikut menyebabkan peningkatan kolesterol. Lantas, bagaimana  cara menurunkan kolesterol yang benar?

1. Menerapkan Pola Makan Sehat

Beberapa makanan yang tentunya tidak mengandung lemak jenuh dapat membantu menurunkan kolesterol. Terkait apa saja jenis makanan yang bisa menurunkan akan dijelaskan pada poin berikutnya.

Intinya, anda perlu melakukan perubahan pola makan dengan membatasi asupan lemak jenuh (seperti daging, mentega, keju, dan produk susu) dan lemak trans (minyak sayur di margarin, kue, dan keripik) di menu makananmu.

2. Mengonsumsi Makanan yang Dapat Menurunkan Kolesterol

Baca Juga: Tata Cara Pembagian Daging Kurban yang Benar & Ketentuan Syariat Berlaku

Berdasarkan health.harvard.edu, jenis makanan yang membantu menurunkan kolesterol adalah:

– oat
– kacang tanah
– terong
– almond
– kenari
– minyak nabati dari kanola, bunga matahari, safflower
– apel
– anggur
– stroberi
– buah jeruk
– suplemen serat
– ikan
– kedelai

3. Mengelola Berat Badan

Menurut dr Em Yunir, SpPD, K-EMD, Kepala Divisi Metabolik dan Endokrinologi Departemen Penyakit Dalam RSCM, orang gemuk lebih berisiko terkena kolesterol tinggi. Sebab tubuh dengan berat badan tinggi lebih berisiko mengalami resistensi insulin.

Lakukan diet yang tepat untuk tubuh anda. Pastikan terlebih dahulu melakukan konsultasi dengan ahli gizi atau dokter kepercayaan Anda sebelum memutuskan diet.

4. Berolahraga dan Aktivitas Fisik

Selain diet, untuk menjaga berat badan agar tidak tinggi kolesterol , kalian juga bisa berolahraga. Jenis olahraga yang disarankan pun turut menyesuaikan kondisi fisik masing-masing orang.

Dikutip dari siloamhospitals.com, olahraga minimal 30 menit setiap hari atau lima kali seminggu bisa membantu menurunkan kolesterol. Lakukan olahraga ringan, seperti jalan kaki, berenang atau bersepeda.

5. Menghindari stres

Kadar kolesterol jahat (LDL) juga bisa meningkat karena stres. Sebab ketika stres, hormon korisol dan adrenalin menjadi aktif dan memengaruhi kolesterol.

6. Stop Merokok

Nikotin pada rokok bisa menghambat proses kolesterol di organ hati. Jika tidak lancar maka menyebabkan kolesterol jahat meningkat.

7. Berhenti Minuman Alkohol

Selain nikotin, minuman berkalkohol juga menyebabkan kolesterol jahat meningkat. Nah, dengan menghentikan kebiasaan minum alkohol dapat membantu meningkatkan HDL dan menurunkan LDL (kolesterol jahat).

Itulah beberapa cara menurunkan kolesterol setelah banyak makan daging kambing saat Idul Adha.

https://www.suara.com/health/2023/06/27/132448/cara-menurunkan-kolesterol-gara-gara-makan-daging-kambing-idul-adha