Cara Mudah Cegah Kanker dengan Konsumsi 7 Makanan Sehat – JawaPos
By: Date: 4 Februari 2022 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

JawaPos.com – Dalam rangka Hari Kanker Sedunia setiap 4 Februari, individu diajak untuk lebih sadar risiko penyakit kanker dengan gaya hidup sehat. Salah satunya dimulai dengan pemilihan diet sehat atau pola makan sehat.

Menurut American Cancer Society, selain memastikan berat badan tetap stabil, pola makan sehat akan mengurangi peradangan serta meningkatkan kesehatan usus yang dapat membantu mengurangi risiko kanker. Satu studi yang diterbitkan pada tahun 2019 di JNCI Cancer Spectrum menunjukkan bahwa pola makan yang buruk dapat menyebabkan lebih dari 5 persen kanker di AS.

“Tidak ada makanan khusus yang terbukti mencegah kanker, tetapi ada kebiasaan makan dalam jangka waktu lama yang terbukti membantu mengurangi risiko terkena kanker,” kata Ahli diet terdaftar dan spesialis bersertifikat dalam nutrisi onkologi di Wellesley, Massachusetts, Stacy Kennedy, seperti dilansir dari AARP, Jumat (4/2).

Dia membandingkan dampak kebiasaan makan sehat dengan olahraga teratur. Selain makanan sehat, aktivitas fisik dapat membantu mendukung berat badan yang sehat dan membantu mengurangi risiko kanker. Lalu apa saja makanan super yang harus dikonsumsi rutin untuk mencegah kanker?

1. Kacang-kacangan

Kacang polong, kacang polong, lentil. Dalam sebuah laporan yang diterbitkan pada tahun 2020 di The Journal of Nutrition, World Cancer Research Fund dan the American Institute for Cancer Research (AICR) merekomendasikan untuk mengikuti diet yang menyediakan setidaknya 30 gram serat per hari; lima atau lebih porsi sehari makanan nabati; dan biji-bijian, sayuran non-tepung, buah dan kacang-kacangan di sebagian besar makanan.