Cegah Masuk Angin Setelah Mudik, Begini 5 Tipsnya
By: Date: 21 April 2023 Categories: Life

PERJALANAN mudik lebaran memang tidak mudah, apalagi dengan kemacetan panjang di beberapa tempat. Akibatnya, kita mungkin mengalami kelelahan selama di perjalanan dan malah kurang fit seperti masuk angin atau penyakit lainnya ketika sampai di kampung.

Oleh karena itu, memang disarankan membawa perlengkapan kesehatan hingga obat-obatan dipersiapkan saat mudik lebaran. Nah, biar tidak sakit setelah mudik di perjalanan, apalagi masuk angin ada beberapa tips supaya Anda tidak mudah masuk angin.

Dilansir dari laman Medical News Today, berikut ini tips atasi masuk angin saat mudik lebaran 2023. Apa saja?

BACA JUGA:

Perbanyak Minum Air

Pentingnya perbanyak minum air putih selama mudik lebaran. Jika Anda berangkat saat masih bulan puasa, maka dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan cairan saat sahur dan berbuka puasa.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan minum banyak cairan ketika seseorang masuk angin. Di mana tubuh membutuhkan air untuk menjalankan semua fungsi pentingnya, termasuk melawan infeksi. Tanpa air yang cukup, seseorang akan mulai mengalami gejala dehidrasi dan bisa membuat rasa dingin semakin parah.

BACA JUGA:

Istirahat yang Cukup

Jika seseorang merasa masuk angin, maka usahakan untuk banyak tidur dan istirahat. Maka nantinya akan memberi sistem kekebalan kesempatan terbaik untuk melawan infeksi.

Bagi seseorang yang tidur kurang dari 5 jam per malam memiliki risiko 4,5 kali lebih besar terkena flu biasa, dibandingkan mereka yang tidur lebih dari 7 jam per malam. Para peneliti menyimpulkan, ada hubungan antara durasi tidur yang lebih pendek dan peningkatan kerentanan terhadap flu biasa.

Follow Berita Okezone di Google News

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

https://lifestyle.okezone.com/read/2023/04/20/612/2802028/cegah-masuk-angin-setelah-mudik-begini-5-tipsnya