Cek Fakta: Anies Baswedan Dikabarkan Masuk Daftar Sindikat Pencucian Uang sebelum Formula E, Simak Faktanya – Pikiran-Rakyat.com – Pikiran Rakyat
By: Date: 13 Oktober 2021 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

PIKIRAN RAKYAT – Telah beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook yang mengeklaim bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terlibat dalam kasus pencucian uang sebelum proyek Formule E.

Unggahan tersebut berupa tangkapan layar sebuah judul berita dengan narasi “Anies Baswedan Masuk Daftar sindikat pencucian uang sebelum formula e”.

Narasi tersebut diunggah oleh akun Facebook Markonah II pada 5 Oktober 2021 pukul 07.46 WIB dan diunggah di grup Anies Baswedan For Presiden 2924-2029.

Namun, setelah ditelusuri, ternyata unggahan dengan narasi Anies Baswedan terlibat pencucian uang sebelum proyek Formula E adalah hasil suntingan dan hoaks.

Baca Juga: Berani ‘Singkirkan’ Lesti Kejora, Seorang Pria Nyatakan Cinta pada Rizky Billar

Sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Turn Back Hoax pada Rabu, 13 Oktober 2021, setelah ditelusuri tidak ada artikel berjudul “Anies Baswedan Masuk Daftar sindikat pencucian uang sebelum formula e”.

Namun, jika ditelusuri berdasarkan tanggal pengunggahan yang tertera pada tangkapan layar yaitu 30 April dengan waktu 17.17 terdapat artikel asli yang berjudul “Anies Baswedan Masuk Daftar Tokoh Masa Depan”.

Kesamaan juga terdapat pada gambar di bawah judul berupa foto Anies dan logo “SCTV”.

Baca Juga: Dua Target Anies Baswedan Soal Banjir Jakarta: Tidak Ada Korban Jiwa dan Air Surut dalam 6 Jam