Cek Fakta Bank Dunia Rancang Pandemi Covid 19 Berakhir pada 2025 Ini Faktanya – Medcom.Id
By: Date: 10 Agustus 2021 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Beredar klaim di media sosial yang menyebut Bank Dunia telah merancang pandemi Covid-19 berakhir pada 2025. Disebutkan, informasi itu berasal dari dokumen Bank Dunia.
 
Akun Facebook bernamaKoalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia membagikan klaim itu pada Senin, 2 Agustus 2021. Akun itu mengunggah tangkapan layar dari situs resmi Bank Dunia yang memuat proyek bernama strategic preparedness and response plan (sprp) yang berakhir pada 31 Maret 2025.

“BANYAK ORANG PIKIRKAN COVID-19 BERAKHIR 2021. DOKUMEN BANK DUNIA MENGATAKAN COVID-19 BERAKHIR 2025.
ADA ALASAN NEGARA ORDER BOOSTER SAMPAI 2024
BAIK ORANG PEMBERONTAK DAN INI AKAN BERJALAN SAMPAI 2025 DAN KITA AKAN DIPERCAYA
.
Dokumen Bank Dunia” tulis akun itu.

 
[Cek Fakta] Bank Dunia Rancang Pandemi Covid-19 Berakhir pada 2025? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bawah Bank Dunia sudah merancangkan pandemi Covid-19 sampai tahun 2025 adalah salah. Faktanya, dokumen tersebut menjelaskan batas akhir rencana yang disusun oleh Bank Dunia untuk merespon dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19 di berbagai negara.
Dilansir situs periksa fakta logically.ai, unggahan tersebut salah mengartikan informasi dalam dokumen, karena meskipun mungkin perlu beberapa tahun bagi ekonomi untuk pulih dari covid-19, itu tidak berarti bahwa tanggal ini berkorelasi dengan kapan pandemi akan berakhir. Postingan tersebut menunjukkan bahwa pandemi adalah konspirasi terencana yang diplot oleh para bankir, dengan tanggal mulai dan berakhir.
 
Dokumen Bank Dunia dibuat pada 2 April 2020, dan terdiri dari strategi dan sumber daya yang disusun dalam menanggapi ancaman yang ditimbulkan oleh covid-19. Ini menyoroti kebutuhan untuk mendukung dan memastikan sumber daya yang memadai dan untuk mendanai tanggap darurat yang cepat di 25 negara.

“Seluruh dokumen menyebutkan dampak terhadap ekonomi, investasi yang dibutuhkan dari pemerintah dan bisnis, dan langkah-langkah lainnya. Proyek yang dijadwalkan ini diharapkan dapat berjalan hingga 2025.” tulis logically.ai.

Unggahan tersebut adalah hasil terjemahan dari tulisan pengikut teori konspirasi Shore Shanidze dan Nino Bregad. Baik Shore Shanidze dan Nino Bregadze diketahui menyebarkan informasi yang salah terkait covid-19 di masa lalu. Shore Shanidze juga merupakan anggota aktif grup Facebook yang menyangkal keberadaan covid-19 dan sering mengutip video dari berbagai saluran Youtube Rusia sebagai sumber.
 
Reuters mencatat bahwa posting serupa dibuat pada Oktober 2020. Kelompok anti-vaksinasi Doctors For Education mengklaim dokumen Bank Dunia adalah “bukti akhir” bahwa pandemi covid-19 dibuat. Mereka menambahkan bahwa Richard Rothschild dan Bank Dunia telah merencanakan pandemi.

“Bank Dunia belum memberikan tanggal akhir pandemi pada titik mana pun. Sudah diketahui bahwa pandemi telah berdampak pada bisnis dan ekonomi, dan bahkan setelah kehidupan publik dibuka kembali, perlu beberapa tahun untuk pulih.”

Pandemi COVID-19 telah menimbulkan banyak misinformasi yang berpotensi berbahaya. Untuk saran tepercaya tentang COVID-19 termasuk gejala, pencegahan, dan perawatan yang tersedia, silakan merujuk ke Organisasi Kesehatan Dunia atau otoritas kesehatan nasional Anda.
 

[Cek Fakta] Bank Dunia Rancang Pandemi Covid-19 Berakhir pada 2025? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bawah Bank Dunia sudah merancangkan pandemi Covid-19 sampai tahun 2025 adalah salah. Faktanya, dokumen tersebut menjelaskan batas akhir rencana yang disusun oleh Bank Dunia untuk merespon dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19 di berbagai negara.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Bank Dunia Rancang Pandemi Covid-19 Berakhir pada 2025? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://www.logically.ai/factchecks/library/c70fbf0d
https://www.facebook.com/113010443858965/posts/324870052673002
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected]atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WAN)