Cek Fakta: Bedong Bayi Sebabkan Kelainan Tulang Kaki X dan O
By: Date: 28 Juli 2023 Categories: Cek.Fakta,mitos

Suara.com – Banyak mitos seputar kelainan tulang kaki X dan O, yang disebut-sebut karena kebiasaan membedong bayi sejak lahir. Benarkah hal tersebut? Simak cek fakta berikut ini.

Bedong adalah teknik menyelimuti anak dengan kain untuk membantu bayi tetap hangat dan nyaman. Teknik ini sering dilakukan oleh banyak pasangan pasangan suami istri tua dan muda. Namun beredar klaim yang menyebut bedong berbahaya karena bisa menyebabkan kelainan tulang kaki bayi.

Penjelasan

Dokter Spesialis Orthopedi, Konsultan Pediatrik Eka Hospital BSD, dr. Patar Parmonangan Oppusunggu, Sp.OT (K) menegaskan bedong bisa sebabkan kelainan tulang kaki bentuk X dan O adalah mitos belaka.

Baca Juga:Hindari Penipuan, Pengguna Shopee Bisa Pakai Fitur Cek Fakta, Simak Caranya

Ilustrasi kaki bayi. (Piqsels)
Ilustrasi kaki bayi. (Piqsels)

“Kondisi kaki X atau O merupakan sebuah kelainan tulang anak dan tidak dipengaruhi oleh faktor seperti membedong, sehingga itu hanyalah sebatas mitos masyarakat,” ujar dr. Patar melalui keterangan yang diterima suara.com, Kamis (28/7/2023).

dr. Patar menjelaskan kelainan tulang kaki X dan O terjadi karena rakitis, yaitu kelainan pada sendi dan tulang yang menyebabkan pertumbuhan dan struktur tulang yang buruk dan menyebabkan tulang lemah dan lunak.

Kondisi ini umumnya menyerang anak-anak dan mengganggu proses pertumbuhan fisik, salah satu dampaknya kaki menyerupai huruf X atau O. Biasanya kondisi ini mulai menyerang anak usia 6 hingga 3 tahun.

“Ini dikarenakan pada saat usia tersebut tulang berada dalam kondisi yang sangat membutuhkan nutrisi untuk berkembang,” papar dr. Patar.

Berikut ini faktor risiko penyebab seseoang alami kelainan tulang kaki:

Baca Juga:Cek Fakta: Nikita Willy Gugat Cerai Indra Priawan karena Bangkrut Usai Bayar Utang 40 M

1. Faktor Genetik

Kelainan kaki X atau O juga bisa diturunkan melalui penyakit genetik yang diturunkan dari generasi ke generasi.

Meskipun langka, beberapa kondisi genetik bisa mempengaruhi tubuh dalam menyerap vitamin D sehingga berpengaruh pada kesehatan tulang dan menyebabkan pertumbuhan struktur tulang anak menjadi terganggu.

2. Faktor Nutrisi

Vitamin D adalah salah satu vitamin yang paling dibutuhkan tubuh untuk membantu penyerapan kalsium dalam tubuh. Apabila anak kurang mendapatkan asupan vitamin D, ini bisa berpengaruh pada pertumbuhan tulangnya.

Beberapa penyebab kekurangan vitamin D bisa karena paparan sinar matahari selama proses pertumbuhan, idap penyakit yang menurunkan kemampuan menyerap vitamin D seperti crohn. Bisa juga karena kurang asupan nutrisi mengandung vitamin D dan kalsium, selama masa pertumbuhan.

Kesimpulan: Mitos

Kebiasaan bedong bayi tidak akan menyebabkan kelainan tulang kaki X dan O. Kondisi ini bisa disebabkan genetik dari keturunan orangtua, dan kekurangn nutrisi untuk tulang saat masa pertumbuhan.

https://www.suara.com/health/2023/07/28/143917/cek-fakta-bedong-bayi-sebabkan-kelainan-tulang-kaki-x-dan-o