Cek Fakta Benarkah Selebgram Rachel Vennya akan Dinobatkan Menjadi Duta Covid 19 Ini Faktanya – Medcom.Id
By: Date: 20 Oktober 2021 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Beredar kabar Selebgram Rachel Vennya akan diangkat menjadi duta covid-19. Kabar ini beredar di media sosial usai dirinya didiuga kabur saat karantina di Wisma Atlet.
 
Akun Instagram @playitsafebabyofficial membagikan kabar itu pada 16 Oktober 2021. Akun ini mengunggah tangkapan layar pesan WhatsApp. Dalam foto tangkapan layar terdapat narasi sebagai berikut:

“Teteh dapat info nih …
Kabarnya dia dan oknum yang bersangkutan bakal dijadikan duta covid19 nanti diberikan tugas membrrikan penyuluhan tentang vaksin, karantina menjaga daya tahan tubuh dll…”

Benarkah demikian? Berikut cek faktanya.
 

[Cek Fakta] Benarkah Selebgram Rachel Vennya akan Dinobatkan Menjadi Duta Covid-19? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran Cek Fakta Medcom.id, klaim bahwa Selebgram Rachel Vennya akan dinobatkan menjadi duta diangkat menjadi duta covid-19 adalah salah. Faktanya, informasi ini telah dibantah Satgas Covid-19.
Juru Bicara Satgas Covid-19 Prof. drh. Wiku Bakti Bawono Adisasmito, menyatakan bahwa informasi tersebut tidak benar. Wiku memastikan proses hukum terkait kaburnya selebgram Rachel Vennya saat masa karantina tengah berjalan.

“Itu tidak benar (Rachel Vennya jadi duta COVID-19),” kata Wiku seperti dilansir Detik, Sabtu 16 Oktober 2021.

Wiku memastikan proses hukum terhadap Rachel Vennya berjalan. Dia mengingatkan warga soal disiplin aturan pemerintah, termasuk masalah karantina.
 
“Terkait dengan kasus WNI yang meninggalkan masa karantina di Wisma Atlet sebelum waktunya, pemerintah memastikan bahwa proses hukum sedang berjalan,” terang Wiku dalam konferensi pers, Kamis 14 Oktober 2021.
 
Rachel Vennya diduga kabur dari karantina di Wisma Atlet Pademangan, yang sebenarnya khusus untuk TKI, setelah melakukan perjalanan dari Amerika Serikat. Kaburnya Rachel Vennya diduga melibatkan oknum TNI berinisial FS.
 

[Cek Fakta] Benarkah Selebgram Rachel Vennya akan Dinobatkan Menjadi Duta Covid-19? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa Selebgram Rachel Vennya akan dinobatkan menjadi duta diangkat menjadi duta covid-19 adalah salah. Faktanya, informasi ini telah dibantah Satgas Covid-19.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
 

[Cek Fakta] Benarkah Selebgram Rachel Vennya akan Dinobatkan Menjadi Duta Covid-19? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://news.detik.com/berita/d-5769511/satgas-bantah-isu-rachel-vennya-jadi-duta-covid-19-tidak-benar

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui [email protected] WA/SMS ke nomor082113322016