Cek Fakta: Beredar Kabar Hirup Uap Air Sembuhkan Covid-19, Simak Faktanya – Pikiran-Rakyat.com – Pikiran Rakyat
By: Date: 3 Juni 2021 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

PIKIRAN RAKYAT – Beradar pesan berantai di media sosial dan aplikasi percakapan yang menyebut bahwa menghirup uap air panas dapat menyembuhkan Covid-19.

Berdasarkan penelusuran Jabar Saber Hoaks, tidak ditemukan pernyataan resmi bahwa menghirup uap air panas dapat menghilangkan Covid-19.

Sekretaris Jenderal Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (papdi) Eka Ginanjar menegaskan, menghirup uap air panas tidak dapat menghilangkan Covid-19.

Ia juga menyatakan, belum ada penelitian kesehatan yang secara resmi membuktikan Covid-19 dapat hilang dengan menghirup uap air panas.

Baca Juga: Ridwan Kamil dan Anies Baswedan Berbalas Apresiasi WTP, Pertanda Duet Pilpres 2024?



Di tempat terpisah, Dekan Fakultas Farmasi Universitas Indonesia Dr. apt. Mahdi Jufri, M.Si meminta masyarakat tidak mudah mempercayai hoaks tentang vaksin Covid-19.

“Tidak mungkin jika vaksin Covid-19 tidak aman dan dapat beredar. Masyarakat jangan khawatir, juga disarankan untuk tidak mudah percaya pada hoaks tentang vaksin Covid-19,” kata Mahdi Jupri, Minggu 30 Mei 2021.

Menurut dia, vaksin di Indonesia dikontrol Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Sehingga, tentu sudah dilaksanakan uji klinis serta keamanan dari vaksin Covid-19 sudah terjamin.

Direktur Registrasi Obat dan Juru Bicara Covid-19 BPOM Lucia Rizka Andalusia mengatakan, BPOM terus melakukan pengawasan yang ketat terhadap vaksin untuk menjamin mutu, khasiat, dan keamanannya.